Kenapa ya, anak balita saya suka menggigit?

Mungkin Anda mengalami dimana si Kecil suka menggigit, padahal ia sudah bukan bayi lagi.  Memang, beberapa anak berusia antara 2 hingga 3 tahun punya kebiasaan menggigit.  Tapi kenapa mereka melakukan hal itu?

Terdapat beberapa alasan mengapa si Kecil memiliki kebiasaan ini, seperti:

1.  Anak penasaran terhadap benda disekelilingnya – Tidak hanya ingin memegangnya, namun merasakannya, sehingga anak memasukkan benda itu ke mulutnya.  Jika Anda menghadapi situasi seperti ini dan menganggap bahwa itu berbahaya, katakan “tidak” dengan tegas, lalu jelaskan alasannya pada anak.
2.  Anak mengalami frustasi – Anak balita belum mampu mengekspresikan perasaannya dengan tepat.  Menggigit, merupakan salah satu cara anak untuk mengekspresikan perasaannya.
3.  Anak menggigit untuk mencari perhatian – Beberapa anak menganggap bahwa tangisan atau teriakan seseorang dari gigitan mereka akan membuatnya merasa berhasil mendapatkan perhatian, seperti yang di harapkannya.
4.  Beberapa anak memiliki rasa takut yang berlebih – Tindakan ini merupakan salah satu cara anak untuk mengontrol perasaan ini (rasa takut).  Alasan lain mengapa anak menggigit adalah untuk mempertahankan dirinya atau membela diri.

Kebiasaan menggigit yang dilakukan anak balita adalah normal.   Namun kebiasaan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Jelaskan pada anak bahwa tindakan tersebut tidak pantas dan tidak sopan, karena bisa saja melukai orang lain atau bahkan dirinya sendiri.

 

Related Posts

Comments :