Bagaimana Cara Melatih Si Kecil untuk Berpuasa?

Saat bulan Ramadan tiba, tentunya Mam mencari banyak cara melatih Si Kecil untuk berpuasa. Ibadah puasa memang tidak mudah dilakukan terlebih bagi Si Kecil yang baru akan belajar untuk melakukannya. Sebagai orang tua, Mam memiliki kewajiban untuk membiasakan Si Kecil untuk berpuasa agar saat tumbuh besar nanti telah terbiasa. Selain mempersiapkan kondisi fisik Si Kecil, Mam juga harus memperhatikan psikis Si Kecil agar benar-benar siap berpuasa. Lantas, bagaimana cara melatih Si Kecil untuk berpuasa?

Menjelaskan Makna Puasa

Meskipun masih anak-anak, Si Kecil perlu memahami makna ibadah puasa Ramadan yang sesungguhnya. Mam dapat bercerita tentang Allah dan Rasul yang menyenangi anak-anak kecil yang melakukan ibadah puasa. Selain itu, Mam juga bisa mengemasnya dalam berbagai cerita yang menarik, termasuk pengalaman Mam berpuasa saat masih kecil dulu. Ceritakan juga apa saja yang Mam lakukan saat berpuasa agar Si Kecil dapat mengikuti dengan senang hati.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Sebaiknya Mam menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan di rumah agar Si Kecil tidak merasa terbebani dengan ibadah yang dilakukan. Mulailah dengan sahur di waktu yang tidak terburu-buru agar Si Kecil dapat menikmati dengan nyaman dan hati yang senang. Selama seharian berpuasa, Mam juga bisa memberikan contoh bahwa meskipun berpuasa, Mam tetap melakukan berbagai kegiatan dengan semangat dan tidak loyo.

Ajak Si Kecil Beraktivitas

Cara melatih Si Kecil untuk berpuasa yang selanjutnya adalah dengan memberikan kegiatan dan permainan yang sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa. Misalnya, Mam dapat mengajak Si Kecil menyusun puzzle atau permainan dalam ruangan lainnya. Hindari jenis permainan yang menyita tenaga lebih, agar Si Kecil tidak cepat merasa lapar dan haus.

Siapkan Menu Tepat Bergizi

Pastikan Mam menyiapkan makanan yang tepat bergizi untuk Si Kecil yang sedang berlatih berpuasa. Sesuaikan juga dengan makanan kesukaannya. Berikan menu kesukaan Si Kecil agar mereka semangat makan saat sahur dan buka puasa. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi Si Kecil agar saat berpuasa tetap sehat dan tidak mudah merasa lemas. Sebaiknya rutin mengonsumsi buah-buahan serta cukup minum air putih agar Si Kecil tidak mengalami dehidrasi.

Berikan Pujian

Saat Si Kecil baru memulai belajar berpuasa untuk pertama kalinya, mungkin ia tidak langsung berhasil puasa sehari penuh. Si Kecil mungkin hanya bisa bertahan sampai pukul 10 pagi atau 12 siang. Apapun capaiannya, Mam perlu memberikan pujian sebagai apresiasi atas usaha yang telah dilakukan Si Kecil. Gunakan kata-kata positif yang mengacu pada perilaku spesifik. Sebaiknya Mam tidak menjanjikan hadiah pada Si Kecil. Pasalnya, hadiah hanya akan membuat kenikmatan berpuasa berpindah menjadi kenikmatan mendapat hadiah.

Jangan Lupa Beri Contoh

Cara melatih Si Kecil untuk berpuasa yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh nyata. Jika Mam ingin Si Kecil berpuasa, maka sebagai orang tua dan sekaligus role model Mam pun harus berpuasa. Hal ini terbilang paling ampuh membuat Si Kecil semangat berpuasa karena orang tuanya pun melakukan ibadah yang sama.

Saat Si Kecil mau belajar berpuasa, peran Mam sebagai orang tua tentu sangat diperlukan. Cara melatih Si Kecil untuk berpuasa pun harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Jangan memaksa Si Kecil untuk langsung berpuasa sehari penuh karena hal tersebut akan membuatnya merasa terbebani dengan ibadah puasa. Mam bisa melatih Si Kecil berpuasa sedikit demi sedikit sesuai dengan perkembangannya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :