Berikan Stimulasi Pada Si Kecil Yuk, Mam!

Photo credit: Pexels

Memasuki usia emas, pertumbuhan otak Si Kecil akan berkembang lebih cepat. Untuk itulah penting bagi Mam memberinya stimulasi dalam meningkatkan tumbuh kembang otaknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberi stimulasi melalui musik dan lagu. Cara ini tidak saja untuk menghibur mereka, tetapi juga memberikan manfaat yang cukup besar baik dari segi perkembangan emosi, hingga sistem motoriknya. Berikut beberapa manfaatnya yang perlu Mam ketahui.

Dapat meningkatkan perkembangan motorik

Pernahkah Mam meihat si kecil bernyanyi dengan tertawa, bertepuk tangan dan menari? Ya, stimulasi lewat musik dan lagu secara umum juga melatih meningkatkan perkembangan motorik mereka. Si Kecil akan aktif bergerak kesana kemari atau memukul sebuah drum kecil mengikuti irama.

Tubuh mereka akan senantiasa aktif dan ini sangat baik untuk tumbuh kembangnya di kemudian hari. Dengan badan yang terus aktif, maka secara tidak langsung mereka juga berolahraga Mam. Alhasil, membuat badan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh meningkat karena sering melakukan gerak badan.

Mengontrol perkembangan emosi

Bagi orang dewasa bernyanyi dengan mendalami makna lagu tersebut adalah hal yang biasa. Akan tetapi bagi seorang anak, ini tentu hal yang paling istimewa. Ketika bernyanyi dan mengekspresikan lagu tersebut dia memperlihatkan emosinya dalam membawakan lagu tersebut. Oleh karena itulah, melalui lagu adalah media yang tepat untuk melatih emosi si kecil.

Misalnya, ketika Si Kecil menyanyikan lagu bertempo cepat dengan riang maka sebenarnya dia mendalami lagi tersebut Mam. Agar emosinya semakin baik, Mam bisa mengajaknya dengan bernyanyi bersama-sama di rumah dengan pilihan lagu yang berbeda-beda.

Kemampuan sosial dan rasa percaya diri meningkat

Manfaat berikutnya dari memberikan stimulasi pada Si Kecil akan membentuk kemampuan sosial terutama dalam hal berinteraksi dan meningkatkan rasa percaya diri. Kegiatan-kegiatan seru seperti bernyanyi bersama teman sekelas di sekolah atau teman main di rumah bisa menjadi sarana mereka untuk bersosialisasi.

Dengan bernyanyi bersama, Si Kecil biasanya akan terpacu untuk menjadi yang terbaik. Semisalnya dia akan berusaha bernyanyi secara lantang dan dapat menjadi pusat perhatian  bagi temannya yang lain. Bila dia melakukan hal seperti itu, berarti rasa percaya dirinya meningkat dan dia cenderung menjadi pribadi yang berani dalam menunjukkan kebolehannya.

Membantu mengembangkan kemampuan bahasa

Tahukah Mam bila memberikan stimulasi lewat musik akan mengasah si kecil lebih aktif dan mengembangkan bahasa dan kosa kata? Anak-anak selalu memiliki rasa penasaran cukup tinggi terhadap benda-benda atau hal yang baru dilihat. Mereka akan bertanya nama benda tersebut. Nah, lewat lagu inilah mereka juga belajar mengetahui nama-nama benda di sekitarnya.

Belajar bahasa lewat lagu bagi anak-anak akan terasa menyenangkan. Mereka akan selalu merasa gembira menyanyikan lagu tersebut dan bagi para orang tua sebagai media pembelajaran kepada anak tanpa terkesan menggurui. Mam bisa ajarkan dan nyanyikan lagu-lagu seperti Bintang Kecil, Balonku, dan lagu-lagu anak lainnya yang mudah dicerna.

Kemampuan matematika juga berkembang

Stimulasi melalui musik pada Si Kecil ternyata juga berpengaruh kepada perkembangannya dalam hal berhitung dan matematika. Musik memiliki beragam unsur seperti panjang pendeknya sebuah nada dan berapa nilai ketukannya. Dengan bernyanyi atau memainkan musik, secara tidak langsung Si Kecil juga bisa menghitung ketukan dan tinggi renda nada.

Cara tersebut akan menambah kemampuannya dalam bidang matematika. Lagu-lagu untuk anak pun banyak yang dicuptakan dengan konsep berhitung. Contohnya satu lagu Belajar Berhitung, Balonku, Dua Mata Saya dan sebagainya.

Yuk, mulai sekarang biasakan untuk membiasakan menstimulasi Si Kecil dengan lagu dan musik untuk perkembangan fisik dan mental mereka.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :