Cara Aman Memanjakan Si Kecil

Mam, jangan terburu-buru mengernyitkan kening ketika membaca judul artikel ini. Memanjakan Si Kecil tidak melulu berdampak negatif kok. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang benar dan aman, sekaligus mendorong kepercayaan diri Si Kecil. Dalam hal ini, memanjakan Si Kecil lebih mengacu pada memberi contoh baik kepadanya bagaimana cara menunjukkan bahwa mereka merupakan anak spesial dan Mam peduli kepada mereka. Jadi, bagaimana cara aman memanjakan Si Kecil?

Memberi Catatan pada Kotak Makan Siang

Tidak susah kok, Mam, untuk membuat Si Kecil merasa spesial. Mam bisa mencantumkan catatan khusus pada kotak makan siangnya atau menyelipkan catatan tersebut pada tas sekolahnya. Isinya tidak perlu panjang-panjang, cukup dengan kata-kata sesimpel “I love you” atau ucapan “good luck” untuk menyamangatinya dalam ujian mata pelajaran tertentu. Apapun itu, intinya adalah untuk menunjukkan kepada Si Kecil bahwa Mam selalu memikirkannya dan berusaha untuk menyalurkan kasih sayang tersebut melalui tindakan nyata.

Mengirim Paket Hadiah Diam-Diam

Semua orang suka mendapatkan paket hadiah. Coba bayangkan ketika Mam membeli sebuah barang dari online shop. Mam pasti merasa senang saat barang tersebut akhirnya dikirimkan oleh kurir. Limpahkan rasa senang tersebut pada diri Si Kecil dengan memberinya paket hadiah berisi barang-barang yang akan ia sukai. Lakukan hal tersebut sebagai kejutan untuk Si Kecil. Tidak perlu memberikan hadiah yang terlalu mahal kok, Mam. Hanya dengan menerima paket tersebut saja pasti sudah akan membuat Si Kecil merasa spesial dan bahagia.

Mengundang Teman-Teman Si Kecil ke Rumah

Memanjakan Si Kecil dapat dilakukan dengan mengundang teman-temannya ke rumah. Tunjukkan pada Si Kecil bahwa rumah yang ia tinggali merupakan tempat yang aman dan terbuka terhadap kehadiran teman-temannya. Mungkin selama ini Si Kecil terkesan diam, namun bisa saja sebenarnya ia sungkan meminta izin Mam untuk mengajak teman-temannya bermain di rumah. Karenanya, bicaralah pada Si Kecil dan dorong ia untuk mengundang teman-temannya ke rumah, baik hanya untuk bermain maupun makan malam bersama.

Membantu Si Kecil untuk Menabung

Memberi atau membelikan barang-barang kebutuhan Si Kecil merupakan hal yang wajar dilakukan, tetapi Si Kecil akan belajar tentang tanggung jawab dan kemandirian apabila Mam membantunya menabung untuk mendapatkan hal yang diinginkannya. Sebagai contoh, Mam bisa menerapkan sistem reward, jadi setiap tugas yang berhasil dikerjakannya akan dihadiahi dengan jumlah uang yang sesuai. Ajari Si Kecil untuk menabung seluruh uang yang didapatkannya tersebut. Mam bahkan bisa memberi celengan pada Si Kecil untuk membuatnya termotivasi. 

Memberi Cupcake pada Hari Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan salah satu momen spesial dalam hidup seseorang, termasuk juga Si Kecil. Tidak ada yang salah dalam memberikan perhatian ekstra pada Si Kecil ketika ia ulang tahun. Mam bisa memberi kejutan dengan mengirimkan cupcake ke sekolah Si Kecil untuk dibagi kepada seluruh teman-teman sekelasnya. Tentunya Mam harus meminta izin kepada pihak sekolah terlebih dulu. Mungkin Mam bisa mengirim cupcakes saat jam makan siang agar bisa segera dimakan atau ketika kelas hendak berakhir agar teman-teman Si Kecil bisa membawanya pulang.

 

Selain kelima poin di atas, ada cara aman lain yang bisa Mam terapkan untuk memanjakan Si Kecil, yakni terus mendukung seluruh mimpinya. Percaya deh, Mam, dukungan merupakan usaha terkecil dengan manfaat luar biasa yang bisa Mam berikan untuk memanjakan Si Kecil secara aman.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :