Cara Beristirahat Ketika Mempunyai Anak Kembar

Memiliki bayi tentu membuat Mam bekerja lebih keras  bahkan hingga lupa waktu. Mengganti popok, memastikan popok bayi tetap bersih, memberi ASI, mencuci pakain Si Kecil, dan membersihkan Si Kecil setiap kali ia buang air. Tentunya hal ini akan membuat Mam kelelahan. Apalagi jika Mam memiliki bayi kembar. Kerjaan seakan menumpuk menjadi dua kali lipat. Akibatnya, tidur Mam pun terganggu. Nah selelah apapun Mam, tetap harus menyisihkan waktu untuk beristirahat. Sulit bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan, bukan? Begini cara mencuri waktu untuk beristirahat ketika Mam punya bayi kembar.

Saat Si Kembar Tidur, Usahakan untuk Ikut Tidur

Ketika Mam sudah berhasil menidurkan Si Kembar, jangan berpikir untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang belum selesai misalkan mencuci pakaian mereka. Justru, ini adalah kesempatan emas untuk memulihkan energi Mam. Tidurlah di samping Si Kembar atau jika mereka berada di box, maka tidurlah di sofa yang letaknya tidak terlalu jauh dari Si Kembar. Asalkan ketika keduanya bangun, Mam masih bisa mendengar mereka. Mencuri waktu saat Si Kecil tidur hanya bisa dilakukan ketika mereka terlelap.

Hindari Kopi

Kopi memang dipercaya mampu membuat kita terhindar dari rasa kantuk dan juga agar tubuh lebih berenergi. Namun, justru ini akan mengganggu waktu tidur Mam, lho! Semisal ketika Si Kembar tidur dan Mam juga ingin tidur tetap tidak merasa mengantuk karena baru saja minum kopi. Tentu hal ini akan merugikan Mam sendiri, bukan? Kopi dapat mengurangi jam tidur Mam. Jadi sebaiknya, hindari minum kopi dan perbanyak air putih saja.

Sediakan Pompa ASI

Adalah hal wajar jika Mam harus terbangun d tengah malam untuk menyusui Si Kembar yang sedang menangis. Hal ini juga bisa mengurangi waktu tidur Mam di malam hari. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya sediakan ASI. Sebelum tidur, pompa ASI dan sediakan untuk dipakai ketika Si Kecil menangis di malam hari. Minta bantuan pada Ayah untuk memberikannya pada Si Kembar. Dengan begitu, Mam tidak perlu bangun di tengah malam, karena setelah bangun pun belum tentu bisa tidur lagi, bukan? Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tidur di malam hari ya, Mam!

Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan Orang Lain

Jangan malu untuk meminta bantuan pada orang lain ya , Mam. misalnya tetangga dekat atau saudara yang bisa Mam percaya untuk menjaga Si Kecil. Minta mereka untuk menjaga Si Kembar selama 2-3 jam agar Mam bisa tidur di siang hari. Jangan lupa siapkan ASI beberapa botol sebelumnya agar orang yang Mam mintai bantuan tidak perlu membangunkan Mam ketika Si Kecil menangis.

Mam perlu istirahat yang cukup agar tubuh Mam kembali fit dan bisa merawat Si Kembar  dengan baik. Istirahat yang kurang justru akan membuat tubuh Mam kelelahan dan bahkan bisa jatuh sakit. Dengan tips-tips di atas, Mam pun tak perlu khawatir lagi akan kurang tidur.

Baca juga :

Merencanakan Kehamilan Sehat

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :