Cara Efektif untuk Menambah IQ Si Kecil

Setiap orang tua di dunia, pasti ingin memiliki buah hati yang cerdas. Kemampuan otak Si kecil bisa dikembangkan sejak usianya masih dini. Banyak cara yang bisa Mam lakukan untuk merangsang IQ Si Kecil. Cara-cara tersebut juga mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja? Yuk, simak selengkapnya, Mam!

Bermain Block

Lego dan sejenisnya ternyata sangat berperam untuk membangun kreativitas Si Kecil. Dari situ Si Kecil akan belajar untuk membangun dan menciptakan bangunan-bangunan baru sesuai yang ada di benaknya. Begitu juga dengan mainan sejenis puzzle. Ia akan berusaha mengingat potongan yang sesuai agar bisa menyatukan kembali gambar yang hilang. Jadi, pastikan kedua mainan ini ada di rumah ya, Mam.

Memberikan Sesuatu yang Baru

Hal ini bisa Mam lakukan dalam aspek apapun, misalnya memberikan menu yang baru untuk makan malam setiap minggunya. Atau Mam juga bisa mengunjungi taman-taman baru di akhir pekan, daripada harus pergi ke taman yang sama. Hal ini tentu akan membuatnya bosan. Kejenuhan bisa menghambat kinerja otak untuk mengkreasikan hal-hal baru. Sebaliknya, dengan sesuatu dan kejutan setiap harinya akan membuat Si Kecil selalu merasa penasaran dan tertantang untuk mencoba pengalaman barunya.

Biarkan Ia Bermain dengan Teman-temannya

Rangsang kreativitas Si Kecil dengan memberinya kesempatan untuk bergantung dengan teman-teman sebayanya. Ketika Si Kecil menginjak usia 2 tahun, ia sudah siap untuk bergaul dengan teman sebayanya. Dengan bermain bersama temannya, ia akan mampu mengeksplorasi imajinasinya, berbagi mainan dengan temannya dan menjalin komunikasi dua arah. Mam hanya cukup mengawasi saja dari jauh agar Si Kecil lebih leluasa melakukan aktivitasnya. Namun ingat,  Mam juga harus turun tangan ketika Si Kecil mulai berlaku kasar pada temannya atau sebaliknya.

Kenalkan Pada Kesenian

Sesekali ajak Si Kecil mengunjungi museum. Di museum ada banyak objek yang bisa ia jadikan sebagai bahan untuk mengembangkan imajinasinya. Dengan melihat berbagai objek sejarah akan membuatnya berpikir lebih dalam dan penasaran dengan artifak atau fosil-fosil lain yang dilihatnya. Hal ini bisa Mam lakukan ketika Si Kecil menginjak usia 4-5 tahun ketika ia bisa mulai menangkap dan mencerna informasi dari luar.

Tanamkan Bakat Menggambar pada Si Kecil

Berikan Si Kecil pensil warna, krayon, spidol, pensil, dan perlengkapan lainnya yang memungkinkannya untuk bereksplorasi mengenai gambar. Untuk menghindari Si Kecil mencoret-coret tembok, maka sediakan selalu kertas putih polos untuk menampung kreativitasnya. Semakin banyak ia melihat objek-objek baru, maka akan semakin tertantang ia untuk mencoba hal baru.

Nah, ternyata tidak susah bukan merangsang otak Si Kecil untuk berkembang? Selain itu, ada banyak pilihan cara yang dilakukan sehingga tidak akan membuat Si Kecil mudah bosan. Satu hal yang perlu Mam ingat, jangan sampai Mam mengutarakan komplain atas hasil pekerjaan Si Kecil. Ketika baru pertama kali mencoba, Si kecil juga pasti melakukan kesalahan tapi Mam tetap harus memberinya semangat. Jangan menyalahkannya atau menghina hasilnya karena hal ini justru akan membuat Si Kecil enggan mencobanya lagi.

Baca juga :

1001 Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :