Cara Mendidik Anak Super Aktif

Memiliki anak jelas merupakan sebuah anugerah tersendiri bagi setiap orang tua. Kehadiran anak akan selalu menjadi suntikan energi tersendiri bagi orang tua. Namun terkadang tingkah polah Si Kecil menjadi di luar kendali orang tua. Terutama jika Si Kecil adalah anak yang super aktif.

Apakah Si Kecil anak super aktif? Yuk Mam, simak cara mendidik anak super aktif di bawah ini:

Ajak Berolahraga

Ajak Si Kecil berolahraga. Entah itu latihan ringan, latihan cardio, atau permainan. Melibatkan Si Kecil yang aktif ke dalam aktivitas fisik akan membantunya menyalurkan energi dan menghilangkan kejenuhannya. Ini juga akan membiasakan Si Kecil untuk memiliki kebiasaan sehat dengan berolahraga.

Sebagai contoh, Mam dan Ayah bisa mengajak Si Kecil bersepeda atau melakukan lomba lari kecil-kecilan. Jika memiliki waktu luang, Mam dan Ayah bisa merancang permainan di luar ruangan yang melibatkan Si Kecil. Dengan demikian energinya yang berlebih dapat tersalurkan.

Biarkan Si Kecil Melakukan Pekerjaan Rumah

Meminta Si Kecil untuk melakukan pekerjaan rumah mungkin terdengar aneh. Mam mungkin merasa Si Kecil belum berada di saat yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, hal ini bisa dicoba untuk mengalihkan perhatian si super aktif.

Tidak perlu pekerjaan rumah yang rumit. Mintalah Si Kecil untuk membantu Mam mengelap jendela, menyirami tanaman, atau memberi makan peliharaan. Dengan ini, Si Kecil akan merasa dibutuhkan dan antusias dengan tugas barunya. Mam sekaligus bisa mengajarkan rasa bertanggungjawab kepada Si Kecil.

Hindari Gula

Selain menyebabkan lubang pada gigi, gula juga bisa menyebabkan anak menjadi superaktif. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi cenderung rendah vitamin dan mineral. Selain itu, gula dan karbohidrat cepat masuk ke dalam aliran darah. Suatu zat jika cepat masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan tekanan darah cepat naik pula.

Mam bisa mulai mengurangi konsumsi gula dan olahannya untuk Si Kecil. Tambahkan lebih banyak serat ke dalam menu Si Kecil untuk menjaga kadar gula darah. Mam bisa mengganti nasi untuk sarapan dengan sereal atau oatmeal. Ganti snack Si Kecil dengan buah-buahan atau kacang-kacangan.

Bermain Peran

Si Kecil yang super aktif cenderung memiliki imajinasi yang luas. Ciptakan dunia baru untuknya supaya imajinasi tersebut dapat tersalurkan dengan baik. Mam bisa meminta Si Kecil untuk menjadi pahlawan untuk menumpas monster yang diperankan Ayah.

Saat bermain peran coba Mam mengajarkan Si Kecil tentang waktu untuk diam, bahwa tiap manusia butuh beristirahat. Mam bisa membujuk Si Kecil yang menjadi pahlawan bahwa istirahat merupakan cara untuk memulihkan tenaga. Mam bisa berkreasi sekreatif mungkin untuk ini!

Setiap anak istimewa, begitu pula anak super aktif. Rangkul ia supaya Si Kecil dapat menyalurkan energinya yang melimpah!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :