Cara Menolak Secara Halus Jika Si Kecil Meminta Smartphone

Sering mengalami kesulitan untuk menolak Si Kecil saat meminta smartphone? Tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi Mam menghadapi Si Kecil yang sudah ‘canggih’ sejak usianya masih dini. Menolak permintaan Si Kecil sebaiknya dilakukan dengan cara yang halus, hindari untuk berbicara dengan nada tinggi karena hal tersebut justru akan membuat Si Kecil terus merengek atau bahkan menangis agar permintaannya terpenuhi. Nah, berikut ini beberapa cara halus menolak permintaan Si Kecil untuk menggunakan smartphone.

Beri Alasan, Jangan Sekedar Menolak

Apabila Mam menolak Si Kecil saat ia meminta smartphone, beri alasan yang logis dan dapat diterima olehnya. Cara ini terbilang cukup efektif untuk membuat Si Kecil memahami bahaya atau dampak negatif penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan. Gunakan bahasa yang mudah diterima dan hindari kalimat-kalimat negatif untuk dikatakan pada Si Kecil.

Berikan Mainan Alternatif

Saat Si Kecil meminta smartphone, cobalah untuk memberinya mainan alternatif lain seperti mobil-mobilan, boneka, lego atau puzzle. Berikan mainan yang bisa membuatnya tertarik. Mam juga perlu mencoba untuk mengajak Si Kecil bermain bersama. Hal ini tentu akan membuat Si Kecil merasa senang.

Ajak Si Kecil Bermain Di Luar Rumah

Apabila belum berhasil menolak permintaan Si Kecil dengan cara sebelumnya, Mam bisa mengajak Si Kecil bermain di luar rumah. Ajak ia bermain di halaman, berkebun, atau sekedar berjalan santai di sekitar komplek. Biarkan ia mengenal lingkungan tempat tinggalnya dengan baik. Dengan cara ini maka Si Kecil bisa lupa dengan smartphone-nya.

Matikan Koneksi Internet

Mam perlu mematikan koneksi internet smartphone selama di rumah, terlebih saat berada dekat dengan Si Kecil. Tanpa koneksi internet Si Kecil tidak lagi tertarik dengan smartphone tersebut. Perlu diketahui bahwa salah satu alasan Si Kecil meminta smartphone karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, sebaiknya Mam harus meluangkan waktu untuk Si Kecil.

Buat Perjanjian

Menolak Si Kecil saat ia meminta smartphone dapat dimulai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh seluruh penghuni rumah. Katakan bahwa saat sedang berkumpul bersama keluarga, tidak ada yang boleh membawa smartphone-nya. Hal ini dilakukan sebab bisa jadi permintaan Si Kecil itu didasari rasa penasaran karena Mam dan Ayah sering bermain smartphone di hadapannya.

Banyak hal yang memang bisa dipelajari oleh Si Kecil dari smartphone, seperti hafalan doa-doa, lagu-lagu anak, permainan yang dapat mengasah otak, serta melatih Si Kecil agar tidak gaptek. Namun, penggunaan smartphone untuk Si Kecil harus dibatasi sebelum menimbulkan efek kecanduan. Cara-cara menolak dengan halus atas permintaan Si Kecil untuk bermain smartphone tadi semoga bisa membantu Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :