Deteksi Buta Warna Pada Anak Dengan Tes Ishihara

Selain mengajarkan membaca dan menulis, ada satu hal lagi yang sebaiknya Anda lakukan pada si Kecil, yaitu mengenalkannya pada warna. Penting bagi Anda sebagai orangtua untuk melakukan deteksi dini apakah si Kecil mengalami buta warna atau tidak. Hal ini bertujuan agar si Kecil lebih siap menghadapi masa depannya mengingat penderita buta warna akan sulit menjalani kehidupan sehari-hari termasuk bersekolah dikarenakan kesulitan membedakan warna.

Buta warna pada anak bisa dideteksi dengan menjalani tes Ishihara, yaitu tes di mana terdapat lingkaran yang berisi lingkaran-lingkaran kecil berbagai warna yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pola tertentu seperti angka, simbol, dan sebagainya.

Mam, yuk deteksi buta warna pada anak Anda dengan mendownload tes Ishihara di sini.

Petunjuk Penggunaan Tes Ishihara:

Minta anak Anda untuk mengikuti pola huruf yang ada pada gambar dengan jarinya, apabila ia mengalami kesulitan atau tidak melihat adanya pola, maka segera konsultasikan hal ini pada dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa untuk mendampingi anak Anda, tes tersebut juga dapat menjadi kesempatan Anda untuk mengenalkan huruf pada si Kecil yang mulai belajar membaca.

Semoga bermanfaat ya, Mam.

 

Baca Juga:

Related Posts

Comments :