Empat Manfaat Mengajarkan Si Kecil Berlatih Yoga

Alexandra De Collibus, yoga trainer dan pendiri Sweet Pea Yoga (studio yoga untuk anak-anak), menjelaskan bahwa yoga adalah sebuah praktek untuk mengakses dan mengintegrasikan semua aspek alami manusia (tubuh, pikiran, dan jiwa) dalam mengejar keselarasan batin. Olahraga ini menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan di kalangan orang dewasa, namun bagaimana jika diterapkan pada anak-anak ya, Mam?

Ternyata, yoga juga bermanfaat bagi anak-anak. Yoga mengajarkan Si Kecil mengenai teknik pernapasan, kebiasaan sehat, disiplin, dan bagaimana mereka belajar bersikap atau bereaksi terhadap situasi tertentu, yang akan menuntunnya terhadap pengenalan jati diri dan rasa ingin tahu yang terus-menerus. Ditambah, olahraga yoga bukanlah sesuatu yang mahal. Mam dan Si Kecil tidak memerlukan pakaian atau perlengkapan khusus untuk memulai. Selain itu, terdapat empat manfaat yang bisa didapatkan bila mengajarkan Si Kecil berlatih yoga, apa sajakah?

  1. Yoga bukanlah sebuah olahraga yang kompetitif

Jika olahraga pada umumnya mengajarkan untuk meraih atau menjadi yang terbaik, yoga tidak mengajarkan demikian. Yoga mengajarkan untuk setiap mengenal baik setiap tubuhnya. Setiap tubuh memiliki masing-masing perbedaan, namun setiap tubuh itu pula yang terbaik. Tidak ada yang lebih baik, tidak ada yang lebih buruk.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Yoga baik dalam meningkatkan kekuatan fisik Si Kecil karena mereka  belajar untuk menggunakan semua ototnya dengan cara yang baru. Apakah sebuah pose berdiri, duduk, atau berbaring, masing-masing memliki tantangan dan kegunaan tersendiri bagi otot.

  1. Menyempurnakan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Koordinasi dan keseimbangan adalah kunci utama dari yoga. Pose-pose yang berkaitan dengan kedua hal ini sengaja diciptakan untuk meningkatkan ketenangan mental dan fisik Si Kecil. Ketika mereka mengalami kesulitan untuk berdiri dengan satu kaki dan terus terjatuh, disinilah proses pembelajaran keseimbangan mental dan fisik terjadi. Koordinasi juga terkait erat dengan keseimbangan dan meningkatkan ketangkasan secara keseluruhan. Beberapa guru yoga dan terapis okupasi menggunakan yoga jari dan teknik khusus lainnya untuk membantu anak-anak dengan koordinasi motorik kasar dan halus.

  1. Mengembangkan fokus dan konsentrasi

Mam, saat ini kita tinggal pada dunia yang penuh dengan distraksi. Semakin hari, Si Kecil terlihat sulit untuk fokus terhadap apapun dalam jangka waktu yang lama. Yoga hadir untuk membantu mengembalikan fokus dan konsentrasi yang selama ini hilang. Hal ini didapatkan dari latihan pose tertentu yang mengharuskan Si Kecil ‘membersihkan’ pikiran dan fokus pada usaha. Hasilnya, terbentuklah pose-pose yang menakjubkan. Beberapa hasil studi juga mengatakan bahwa yoga dapat membantu anak-anak untuk fokus, berkonsentrasi di sekolah, dan mendapatkan nilai yang baik.

Pada dasarnya, yoga adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa yoga juga baik dilakukan oleh anak-anak berkebutuhan khusus seperti autis dan ADHD. Penelitian NPR membuktikan bahwa sekolah yang memiliki program yoga dalam kurikulumnya setiap hari dapat mengurangi perilaku agresif anak-anak dan hiperaktif. Autsim Key, sebuah situs web yang mendukung autism, mengatakan bahwa yoga membantu anak-anak dalam mengatasi kecemasan, koordinasi motorik yang buruk, atau segala sesuatu yang terlihat sulit untuk dilakukan.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :