Hari Laut Sedunia: Mengajarkan Si Kecil untuk Mencintai Laut

Tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Mam bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengajarkan Si Kecil agar mulai mencintai laut sejak dini. Ada banyak cara menyenangkan yang dapat Mam terapkan pada Si Kecil. Beberapa di antaranya bisa Mam lihat berikut ini.

Menyanyikan Lagu Bersama

Mam pasti pernah mendengar lagu berjudul “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”, kan? Lagu tersebut biasanya mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Bantu Si Kecil mengenal lagu tersebut dengan menyanyikannya bersama. Sambil bersenang-senang, Mam bisa sekaligus mengajarkan Si Kecil untuk mencintai dan menghargai kekayaan alam laut. Lagu tersebut juga mengandung unsur petualangan yang mengajak pendengarnya untuk tidak mudah menyerah dalam hidup.

Menonton Film Bertema Bahari

Salah satu cara paling ampuh dalam belajar adalah melalui visual. Menonton film bertema bahari merupakan cara belajar visual yang tepat dalam mengajarkan Si Kecil untuk mencintai laut. Tapi, Mam harus berhati-hati dalam memilih film, ya. Jangan sampai film tersebut mengandung unsur-unsur yang belum pantas ditonton Si Kecil. Sebagai salah satu contoh, Mam bisa mengajak Si Kecil untuk menonton Petualangan Singa Pemberani Atlantos, film animasi yang berlatar laut Indonesia. 

Mengunjungi Museum Kelautan

Daripada bingung harus menghabiskan waktu di mana saat weekend, tidak ada salahnya mengajak Si Kecil berkunjung ke museum kelautan. Salah satu yang paling lengkap adalah Museum Bahari di Jakarta. Di sana, Mam dan Si Kecil dapat menyaksikan benda-benda sejarah kelautan, terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Bagi yang tinggal di Yogyakarta, Mam bisa berkunjung ke Museum Kelautan Siwalima yang menyimpan banyak replika bintang laut dan kerangka ikan paus.

Mengajaknya ke Pantai

Sepertinya tidak ada cara yang lebih ampuh dalam mengajarkan Si Kecil untuk mencintai laut selain dengan mengajaknya ke pantai. Sambil bermain air, Mam bisa menjelaskan tentang berbagai biota laut kepada Si Kecil dan bagaimana cara yang tepat untuk membantu merawatnya. Sampaikan pula pada Si Kecil bahwa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan di pantai agar kebersihan, keindahan, dan kelestariannya selalu terjaga.

 

Apabila sejak kecil telah dibekali dengan pengetahuan dasar tentang laut dan manfaatnya terhadap kehidupan manusia, Si Kecil akan memiliki sikap yang positif saat sudah besar nanti. Ia bisa menjadi contoh bagi teman-temannya untuk ikut mencintai laut. Selamat Hari Laut Sedunia!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :