Ingin Membawa Si Kecil ke Tempat Kerja? Simak Hal Pentingnya Di Sini

Mam, seiring kesibukan para orangtua, tidak sedikit yang pada akhirnya memutuskan untuk membawa anak-anaknya ke tempat kerja dibanding meninggalkannya sendiri di rumah dengan asisten rumah tangga. Bahkan di Amerika Serikat, setiap Kamis keempat di bulan April, lebih dari 3.5 juta pekerja berpartisipasi dalam sebuah kegiatan bertajuk Take Our Daughters and Sons to Work Day. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Si Kecil apa yang orangtua, saudara, atau orang-orang terdekatnya lakukan dalam pekerjaan mereka. Hal seperti ini dipercaya dapat membantu Si Kecil menemukan apa yang diinginkannya saat Ia sudah dewasa.

Namun sebelum membawa Si Kecil pergi ke tempat kerja, berikut beberapa hal yang sebaiknya Mam tidak dan harus lakukan:

  1. Tidak mengharapkan pekerjaan akan selesai seperti biasanya

Karena Si Kecil akan berada di sekitar Anda, maka fokus Mam tidak lagi hanya pada penyelesaian pekerjaan namun kepada anak-anak Anda. Oleh sebab itu, pastikan Mam tidak mengisi hari tersebut dengan rapat satu harian penuh atau phone conference calls. Cobalah untuk membuat aktivitas kantor menjadi menyenangkan, namun jangan terlalu berharap jika Si Kecil bisa fokus sepanjang waktu. Penelitian menunjukan bahwa anak-anak hanya bisa fokus selama dua kali lipat usia mereka, jadi rencanakan jadwal kegiatan kantor Mam dan Si Kecil dengan baik sehingga semuanya bisa berjalan maksimal.

  1. Rileks dan tidak overthink

Jangan terlalu sibuk dan stress karena harus mengatur hal apa yang bisa membuat Si Kecil terkesan akan pekerjaan Anda. Anak-anak mudah terkesan hanya dengan melihat segala sesuatu yang baru pertama kali mereka lihat. Oleh sebab itu, lakukan pekerjaan seperti biasanya, rileks, dan Si Kecil akan tertarik dengan sendirinya.

  1. Memiliki rencana cadangan

Jika Mam tetap harus menghadiri rapat penting perusahaan atau menyelesaikan pekerjaan dan tidak bisa menemani Si Kecil, milikilah rencana cadangan seperti: membawakan mereka makanan ringan favoritnya, buku cerita, board game, atau hal-hal yang bisa membuat Si Kecil tenang selama beberapa waktu.

  1. Mengenalkan Si Kecil kepada rekan kerja

Ada baiknya Si Kecil mengenal rekan kerja Mam selama mereka seharian berada di kantor Mam. Selain memperluas relasi yang mungkin akan bermanfaat kelak saat dia sudah dewasa, cara ini juga bisa menjadi win-win solution bagi Mam yang memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Ajaklah Si Kecil berkeliling kantor dan kenalkan kepada beberapa orang yang berbeda di sana. Minta tolong salah satu rekan untuk menjadi “mentor” Si Kecil untuk beberapa waktu, sementara Mam bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya.

  1. Membiarkan Si Kecil menikmati hari dengan caranya sendiri

Biarkan Si Kecil membentuk opini mereka sendiri mengenai pekerjaan Mam. Jangan khawatir untuk sedikit membebankan pekerjaan Anda kepada mereka. Tenanglah, dan nikmati hari tersebut sama seperti Si Kecil menikmati harinya. Mam juga sebaiknya menanyakan apa pendapat mereka dan memperbolehkan Si Kecil bertanya jika ada yang harus ditanyakan.

  1. Memberikan sedikit hadiah atas kerja keras Si Kecil selama berada di tempat kerja Anda

Seharian bersama Mam di tempat kerja yang asing bagi Si Kecil tidak mudah untuk dilewatinya. Untuk itu, carilah sedikit suvenir sebagai hadiah atas kerja keras mereka. Lebih baik jika hadiah tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang selama seharian tadi mereka lakukan. Hadiah tersebut bisa dibawa ke sekolahnya untuk dipamerkan kepada teman-teman atau gurunya, bahkan bisa juga menjadi personal thing bagi Si Kecil.

Jika direncanakan dengan baik, membawa Si Kecil ke tempat kerja bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan baginya. Untuk itu, jangan lupakan keenam hal diatas ya, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :