Ingin Si Kecil Tidur Sendiri? Inilah Inspirasi Desain Kamar Tidur untuk Anak!

Mengajarkan Si Kecil untuk dapat tidur sendiri mungkin bukan merupakan suatu tugas yang mudah. Akan muncul beragam alasan dari Si Kecil supaya tidak tidur sendiri. Padahal, tidur sendiri dapat melatih kemandirian anak dan meningkatkan keberaniannya. Dengan tidur sendiri pula, Si Kecil akan memperoleh waktu tidur yang lebih berkualitas.

Untuk membuat Si Kecil tidur sendiri, Mam bisa memulainya dengan mendesain kamar tidurnya sedemikian rupa. Berikut beberapa inspirasi desain kamar tidur yang cocok untuk Si Kecil:

Kamar yang Rapi

Mam tentu ingin Si Kecil memiliki kemandirian untuk menata kamarnya sendiri bukan? Mam bisa membantunya dengan membuatkan kamar yang memang mudah dirapikan. Caranya adalah dengan memberikan banyak ruang penyimpanan di dalam kamar Si Kecil. Buatlah tempat penyimpanan yang praktis dan mudah diraih Si Kecil.

Ajaklah Ayah dan Si Kecil untuk merencanakan ruang tersebut. Mengajak Si Kecil untuk merencanakan bakal kamarnya akan meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging). Dengan adanya rasa memiliki tersebut, Si Kecil akan berusaha untuk menjaga kerapian kamarnya.

Untuk menciptakan ruang ini, Mam bisa mulai dengan menambahkan keranjang, rak, lemari dengan banyak pintu, dan laci. Jika Mam memiliki ruang yang luas, tempat penyimpanan ini bisa diletakkan di bagian tepi kamar. Tujuannya adalah supaya Si Kecil dapat membedakan mana tempat menyimpan barang, mana tempat bermain, dan mana tempat tidur.

Ruang Putih Bersih

Apa yang melintas di benak Mam saat membayangkan anak-anak? Mungkin tingkah mereka yang masih lugu dan polos seperti selembar kertas bersih. Hal ini dapat menjadi inspirasi di kala Mam mendekorasi kamar Si Kecil. Gunakan warna putih sebagai warna dasar ruangan. Warna ini akan membuat kamar Si Kecil lebih terang dan luas.

Suasana yang terang dan luas akan membuat Si Kecil merasa aman, sehingga meningkatkan keberaniannya untuk tidur sendiri. Supaya tidak terlihat membosankan, Mam bisa menggunakan perabot yang berwarna-warni. Ajak Si Kecil untuk memilih warna dan mengecat perabot tersebut. Aktivitas tersebut akan merangsang kreativitas Si Kecil.

Ruang kamar yang putih bersih juga tergolong aman. Saat Mam atau Si Kecil ingin merombak kamar, cukup berikan aksen warna lain pada beberapa bagian dinding. Hal ini tidak akan memakan banyak waktu, pikiran, dan tenaga, berbeda dengan kamar yang dicat warna-warni. Mam bisa memasang seprai berwarna untuk membuat kamar tidak terlihat monoton.

Kamar dengan Karakter Kesukaan

Salah satu cara yang dapat dilakukan supaya Si Kecil berani tidur sendiri adalah dengan membuat kamar yang menarik perhatiannya. Untuk menarik perhatian Si Kecil, Mam bisa mendesain kamar dengan karakter yang disukainya. Dengan adanya karakter kesukaan Si Kecil, ia akan merasa ditemani.

Kunci dari kamar yang menggunakan gambar adalah warna dasar yang sesuai. Pastikan dengan jelas mana karakter yang diinginkan Si Kecil untuk ada di kamarnya dan tentukan kira-kira warna apa yang cocok untuk menjadi warna dasar. Sebagai contoh, jika Si Kecil menghendaki adanya karakter bus Tayo dalam kamarnya, gunakanlah warna putih atau warna lembut lainnya supaya si karakter tidak tenggelam.

Nah, semoga tiga inspirasi desain kamar untuk Si Kecil tadi bisa membantu Mam untuk merancang kamar yang nyaman buat Si Kecil. Perlu diperhatikan, selain desain kamar untuk dapat membuat Si Kecil tidur sendiri Mam juga harus terus memberi dukungan untuknya.

 

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :