Ini Kelebihan Jika Si Kecil Sering Main Bersama Kakek dan Neneknya

Mam pasti sudah paham betul bagaimana keluarga dapat berpengaruh pada tumbuh kembang Si Kecil. Namun, keluarga yang dimaksud bukan hanya orang tua dan saudara kandung lho, Mam, tapi juga kakek dan nenek. Jadi, seberapa sering Si Kecil menghabiskan waktu dengan kakek dan neneknya, Mam?

Nyatanya, kedekatan hubungan antara Si Kecil dengan kakek dan neneknya bisa membawa dampak positif terhadap pribadi Si Kecil, lho. Tidak hanya hubungan menjadi lebih akrab, Si Kecil pun bisa belajar banyak dari kakek dan neneknya!

Keterampilan Sosial Si Kecil Meningkat

Dilansir dari situs berita Merdeka, Bringham Young University pernah melakukan sebuah penelitian terkait hal ini. Penelitian dilakukan terhadap 408 anak. Mereka diberi pertanyaan tentang kedekatan hubungan antara mereka dengan kakek atau nenek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kakek dan nenek dalam perkembangan anak.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa jika kakek dan nenek terlibat lebih banyak di dalam kehidupan cucunya, anak tersebut memiliki keterampilan sosial yang lebih baik. Di sekolah, mereka juga cenderung lebih aktif. Hal ini tentu dapat memberi pengaruh positif terhadap tumbuh kembang Si Kecil ke depannya, Mam.

Bagus untuk Kesehatan Mental Si Kecil

Studi lain juga menunjukkan bahwa keterlibatan kakek dan nenek dalam hidup seorang anak akan berdampak positif. Kali ini, studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari Boston College. Seperti yang dilansir dari situs Boston Globe, hubungan emosional yang kuat antara Si Kecil dengan kakek dan neneknya mampu mengurangi risiko terjadinya depresi, baik pada diri anak maupun kakek dan nenek. Dengan kesehatan mental yang baik, Si Kecil pasti bisa mengalami proses tumbuh kembang yang optimal, Mam. Ia akan tumbuh menjadi anak yang sehat dengan emosi stabil.

Membantu Si Kecil Berinteraksi Secara Nyaman dengan Orang Dewasa

Apakah Si Kecil termasuk anak yang susah untuk berinteraksi dengan orang baru, Mam? Nah, menjalin hubungan yang baik dengan kakek dan nenek bisa membantu Si Kecil untuk mengatasi isu tersebut, terutama untuk interaksi dengan orang-orang yang berusia lebih tua.

Dengan sering menghabiskan waktu bersama Si Kecil, secara tidak langsung kakek dan nenek telah mengajarkannya untuk berhadapan dengan orang yang jauh lebih tua darinya. Ya, Mam dan Ayah juga bisa mengajarkan hal tersebut kepada Si Kecil. Namun, bukankah akan lebih bagus jika Si Kecil mendapatkan perspektif berbeda dari kakek dan neneknya? Semakin sering Si Kecil menghabiskan waktu dengan kakek dan nenek, semakin baik kemampuannya dalam berinteraksi.

Kakek dan Nenek Adalah Storyteller yang Baik

Hal satu ini sepertinya sudah jadi rahasia umum ya, Mam. Kebanyakan kakek dan nenek merupakan pencerita yang ulung. Mereka tak hanya membaca ulang dari buku, tetapi menceritakan langsung kisah hidup mereka sendiri. Dengan begitu, Si Kecil pun bisa mendapatkan “pengalaman” yang lebih kaya melalui cerita-cerita mereka. Belum lagi berbagai pelajaran hidup yang bisa dipetik oleh Si Kecil, Mam. Tentunya hal ini akan menambah pengetahuan baginya bukan, Mam?

Eratnya hubungan Si Kecil dengan kakek dan nenek tak hanya bermanfaat positif untuk Si Kecil, tapi juga kakek dan nenek. Studi yang dilakukan oleh Edith Cowan University menunjukkan bahwa kakek dan nenek yang sering menghabiskan waktu dengan cucunya memiliki usia yang cenderung lebih panjang. Yuk, Mam, weekend ini ajak Si Kecil ke rumah kakek dan neneknya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :