Kapan Bayi Mam Akan Mulai Berbicara?

Si Kecil yang mulai tumbuh besar membuat  Mam semakin menantikan kapan Ia akan mengeluarkan kata-kata pertamanya? Tenang saja Mam, tidak usah terlalu terburu-buru. Dalam dua tahun pertamanya hidup di dunia, Si Kecil sebenarnya sedang belajar caranya berbicara. Oleh sebab itu, jauh sebelum Ia berhasil mengucapkan kata-kata pertamanya, Si Kecil selalu memperhatikan seperti apa tata bahasa yang digunakan dan bagaimana orang-orang dewasa menggunakannya untuk berkomunikasi.

Di usia-usia awal, Si Kecil akan menggunakan lidah, bibir, langit-langit mulut, dan beberapa gigi yang baru tumbuh untuk membuat suara. Bisa saja yang tercipta hanyalah suara tangisan atau kata-kata yang tidak ada artinya (seperti “auoh” atau “mmmah”), namun suara-suara tersebut justru menunjukkan bahwa Si Kecil sedang belajar berbicara. Nanti ketika usianya sudah menginjak 6 bulan, kemungkinan Mam untuk mendengar Si Kecil mengoceh “mama” atau “dada” akan menjadi lebih besar. Tetapi secara umum, berikut garis waktu Si Kecil yang menunjukkan kapan Ia akan mulai berbicara:

  1. Usia 4-6 bulan

Jika Si Kecil masih berada di usia 4.5 bulan, maka kata-kata yang bisa Ia pahami adalah kata-kata yang sangat sering Ia dengar dan dianggap penting, seperti namanya sendiri, “mama” dan “papa”. Namun, pemahaman akan namanya hanya sebatas Ia memahami kata “Hai” atau “Bye”, bukan sebagai kata yang merupakan identitas dirinya. Pemahamannya akan nama akan meningkat setidaknya ketika Si Kecil memasuki usia 6 bulan. Selain itu, di rentang usia ini Si Kecil juga mempelajari bagaimana suara yang dihasilkan ketika seseorang mengucapkan huruf g, k, m, w, p, dan b.

  1. Usia 6 bulan

Pada usia 6 bulan, Si Kecil umumnya masih lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Ia belajar untuk mengasosiasikan berbagai macam jenis suara yang di dengarnya: mulai dari anjing menggonggong atau deburan daun yang terkena air. Di usia ini, Si Kecil baru bisa membedakan suku-suku kata yang serupa, seperti: na, da, pa, la, dsb.

  1. Usia 7-12 bulan

Ketika memasuki usia 7 bulan, suara ocehan Si Kecil akan mulai terdengar jelas. Mam mungkin akan sering mendengar Ia mengucapkan “gaga” berulang-ulang. Memasuki usia 9 bulan, kemampuannya berkembang semakin baik lagi. Ia akan mulai mengerti gerak tubuh, menunjuk, atau merengek ketika Ia menginginkan sesuatu. Di usia 10 bulan, Si Kecil sudah mampu untuk mengontrol dan mengombinasikan beberapa suara. Kata pertama mungkin akan jelas Mam dengan ketika Si Kecil memasuki usia 12 bulan. Namun tentu saja kata-kata yang masih sangat sederhana, seperti: mama, papa, susu, kue, kucing, atau anjing.

  1. Usia 13-18 bulan

Kemampuan linguistik Si Kecil semakin berkembang ketika Ia berada di usia 13-18 bulan. Si Kecil mulai mampu mengenali perbedaan antara kalimat pasif dan aktif. Selain itu, Si Kecil juga sudah mulai memahami lebih banyak kosa kata meskipun Ia belum bisa mengucapkannya.

Sejak kata pertama berhasil diucapkannya, maka Si Kecil akan lebih mudah mempelajari dan mengucapkan kata-kata yang didengar dari orang-orang di sekelilingnya. Oleh sebab itu, pastikan Si Kecil untuk selalu mendengar kata-kata positif dan membangun ya, Mam! Salah-salah, Ia justru mengucapkan kata-kata kasar yang belum tentu mereka pahami artinya. Pada kebanyakan kasus, Si Kecil yang telah berusia 18 bulan hingga 2 tahun mulai mampu untuk membuat kalimat yang terdiri dari dua hingga empat kata.

Tidak hanya kemampuan berbicaranya saja yang berkembang, Si Kecil yang sudah bisa merangkai dua hingga empat kata menjadi satu kalimat juga mengalami perkembangan mental, emosional, dan perilkau yang signifikan. Jika tidak ada kendala yang menghambatnya,  lambat laun Si Kecil bisa merangkai kata-kata yang menggambarkan apa yang dia lihat, dengar, rasakan, dan inginkan.

 

Baca juga : 

Serunya Event Olahraga Kreatif di Giggle Strolling Mama

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :