Kapan Sebaiknya Mengajarkan Si Kecil Soal Uang

Sebagian orang tua beranggapan bahwa mengajarkan Si kecil tentang uang bukanlah sesuatu yang amat perlu. Padahal, penting lho mengajari Si kecil ini tentang uang sejak usia dini. Dengan begitu, Si kecil juga bisa lebih menghargai uang dan belajar untuk berhemat. Ketika Si Kecil memasuki usia sekolah dasar, sebaiknya sudah diberikan sedikit pemahaman tentang uang. Lalu, kapan yang saat yang tepat untuk mengajarkan tentang uang pada Si Kecil.

Saat Belanja

Tak sedikit orang yang tidak bisa mengontrol hasrat mereka untuk berbelanja sehingga betapapun uang yang ada di tangan akan ludes. Apa lagi bagi mereka yang mudah tergoda diskon atau penawaran khusus, maka akan sulit untuk menahan diri. Ajari Si kecil untuk berbelanja sesuai kebutuhan, dan tidak terpengaruh dengan lainnya yang justru akan membuatnya membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang tidak perlu. Biasakan diri untuk membawa catatan barang yang ingin dibeli dari rumah dan Si kecil pun akan meniru kebiasaan ini.

Saat Menabung

Sesekali, ajaklah Si Kecil pergi ke bank ketika Mam akan menabung sebagian uang. ajarkan padanya apa saja yang ada di bank, siapa yang ada di sana dan apa masing-masing tugas mereka. Tapi tentunya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Di momen ini, Mam juga bisa mengajarkan pada Si Kecil tentang pentingnya menabung. Tabungan ini akan berguna di masa depan ketika kita memerlukannya sewaktu-waktu.

Saat Mengambil Uang di Mesin ATM

Kenalkan mesin ATM pada Si Kecil. Dari situ kita bisa mengambil uang tabungan kita untuk dibelanjakan barang-barang kebutuhan. Agar mesin ATM tersebut bisa mengeluarkan uang untuknya, maka Si Kecil juga harus tetap menabung sehingga sisa uangnya yang ada di bank tidak habis. Katakan juga pada Si Kecil bahwa ia juga tidak boleh menarik uang sebanyak mungkin, tetapi hanya seperlunya saja, karena hal itu akan berdampak pada kondisi keuangan berikutnya.

Saat Melakukan Kegiatan Amal

Ajarkan pada Si Kecil bahwa berhemat bukan berarti kita harus menjadi pelit. Sebagai sesama makhluk sosial kita juga dituntut untuk membantu sesama. Mengalokasikan uang yang kita miliki untuk disumbangkan ke panti asuhan, yayasan, atau pihak-pihak yang kurang mampu lainnya adalah hal yang mulia. Selain memiliki jiwa hemat, Si Kecil juga harus memiliki jiwa dermawan. Secara tidak langsung, Mam juga mengajarkan cara berempati dengan ini.

Mengenalkan anak tentang uang bukan berarti mendidik anak untuk menjadi seorang yang materialistik. Tentu saja bukan. Hal itu kembali lagi pada Mam, pemahaman seperti apa yang Mam ajarkan untuk Si Kecil. Mengajarkan uang pada Si Kecil bertujuan untuk membentuk pribadi yang cerdas dan hemat. Selain itu, tidak menutup kemungkinan ia juga akan berpikir ulang jika akan meminta mainan baru pada Mam atau ketika Mam tidak bisa membelikan sepeda baru, ia tidak akan marah begitu saja karena sudah paham kondisi keuangan keluarga.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :