Kelebihan dan Kelemahan Menitipkan Si Kecil ke Day Care

Menjadi seorang ibu dan juga wanita karir memang merupakan salah satu hal tidak mudah. Selain harus adil, Anda juga dituntut untuk memberikan yang terbaik untuk pekerjaan dan juga pertumbuhan si kecil. Hal inilah yang sering kali membuat para ibu di belahan dunia pun merasa bingung apakah sudah saatnya menitipkan si kecil ke sanak saudara, ke penitipan anak, dan atau menyewa seorang pengasuh di rumah.

Memilih untuk menitip anak ke sanak saudara memang bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda tinggal di satu kota bersama keluarga besar Anda, tapi bagaimana kalau Anda harus tinggal di kota yang benar-benar jauh dari sanak saudara Anda? Sepertinya pilihan untuk menitipkan anak ke daycare atau menyewa seorang pengasuh menjadi pilihan yang tepat. Tapi apakah menitipkan si kecil ke daycare memang menjadi pilihan yang tepat? Simak dulu Mam kelebihan dan juga kelemahan menitipkan si kecil ke daycare di bawah ini.

Kelebihan

Anak Menjadi Lebih Mandiri

Ketika si kecil terpisah oleh orang tua sejak awal dan memiliki pengalaman positif di tempat penitipan anak, maka si kecil pun akan belajar untuk percaya kalau ayah dan ibu mereka pasti akan kembali kepada mereka. Menitipkan anak ke daycare juga bisa membantu si kecil untuk lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya sendiri sehingga akhirnya membuat dirinya lebih mandiri dari sebelumnya.

Anak Aktif Bersosialisasi

Dalam daycare, si kecil akan digabung dengan anak-anak seusianya untuk bermain dan juga belajar. Dari hal ini pula si kecil akan lebih mampu untuk bersosialisasi dengan orang banyak dibandingkan dengan hanya menitipkan di rumah. Selama di daycare, si kecil akan memiliki kesempatan untuk bermain, mengobrol, bercengkrama dengan teman sebayanya setiap harinya.

Memiliki Keunggulan di Bidang Akademik

Saat ini sudah banyak daycare yang dilengkapi dengan konsep akademis yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Hal inilah yang membuat si kecil menjadi lebih unggul secara akademisnya dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dititipkan ke daycare. Bahkan tidak jarang daycare sudah menawarkan kelas musik dan juga seni lainnya yang bisa diikuti oleh si kecil selama ia dititipkan ke daycare.

Kelemahan

Anak Anda Kemungkinan Mudah Tertular Penyakit

Meskipun daycare yang Anda pilih mengatakan kalau mereka adalah daycare yang paling bersih, penyebaran virus tetaplah terjadi. Bertemu banyak orang, membuat si kecil yang dititipkan ke daycare cenderung lebih mudah tertular penyakit.

Mengikuti Kebiasaan Buruk

Mam, tidak hanya penyakit yang bisa dibawa oleh banyak orang, ketka si kecil dititipkan ke daycare, kemungkinan besar pula ia akan mengikuti kebiasaan buruk yang ia temui di tempat penitipan. Sebagai orang tua, kita tahu kalau anak-anak akan meniru apapun hal yang ia lihat termasuk kebiasaan buruk. Ketika Anda menemukan kebiasaan buruk yang dilakukan si kecil sebelum ia masuk ke daycare,sebaiknya Anda segera membicarakan kepada staff dari daycare tersebut.

Biaya Pengeluaran

Hal ini menjadi permasalahan utama yang sering kali dikeluhkan oleh banyak keluarga. Menitipkan anak ke daycare tidaklah murah, bahkan pada beberapa daycare Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 4-5 juta per bulan. Anda memang bisa memilih biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tapi kisaran harga yang akan Anda keluarkan untuk menitipkan si kecil ke daycare adalah minimal 1-2 juta rupiah per bulannya.

 

Baca juga: 

Apa yang Harus Mam Ketahui Tentang Penyakit Neurotik?

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :