Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Saat Menidurkan Si Kecil

Tidak seperti kita yang selalu memiliki aktivitas padat, bayi cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebagai orang tua, Mam tentu menginginkan agar tidur bayi berkualitas. Namun sayangnya, nggak sedikit orang tua yang justru membuat kesalahan dalam menidurkan bayi mereka. Akibatnya, Si Kecil pun tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Berikut beberapa kesalahan tersebut yang perlu Mam ketahui.

Pisahkan Si Kecil dari Selimut dan Benda Lainnya

Mungkin Mam berpikir untuk memberikan kehangatan pada Si kecil, Mam menidurkannya dengan selimut besar. Sebaiknya hindari hal ini karena selimut tersebut bisa berbahaya untuknya. Semakin ia bergerak ke arah yang tidak menentu, selimut tersebut bisa melilit tubuhnya dan tidak menutup kemungkinan wajahnya juga akan tertutup oleh selimut. Jika permukaan selimut sampai menutupi lubang hidung atau mulutnya, maka bayi bisa kesulitan bernapas.

Mengandalkan Gerakan

Tidak sedikit juga orang tua yang berpikir dengan terus mengayun-ayunkan bayinya, maka ia bisa menidurkannya dengan nyenyak. Mungkin hal ini ada benarnya, tapi justru dengan cara yang seperit itu, Si kecil akan menjadi terbiasa. Si Kecil tidak akan bisa tertidur jika tidak diayun-ayunkan. Jika di malam hari Si Kecil terbangun dan Mam ingin menidurkannya kembali, tentu akan sangat merepotkan jika harus mengayunkannya terlebih dahulu.

Menidurkan Si Kecil di Kasur

Apakah Mam berpikir Si Kecil akan lebih leluasa jika tidur di kasur yang lebih besar sehingga Mam memindahkannya ke sana? Sebaiknya pikirkan kembali hal ini. kasur yang besar tidak memiliki pembatas. Jika Si Kecil berguling-guling dalam tidurnya dan mencapai batas pinggir ranjang, ia pun bisa terjatuh. Sedangkan jika tetap berada di box-nya hal ini tetap aman karena box bayi memiliki pembatas yang akan menghalangi Si Kecil untuk jatuh.

Terlalu Cepat Menggendong Bayi

Mam, Si Kecil yang tiba-tiba terbangun di tengah malam ketika tidur adalah hal yang wajar. Oleh sebab itu, jangan langsung menggendongnya ya, Mam. Hal tersebut justru akan membuatnya berpikir bahwa ia harus digendong terlebih dahulu sebelum bisa tertidur lagi. Akibatnya, bayi akan menjadi terbiasa. Ia hanya akan mau tidur kembali setelah da orang lain yang menggendongnya. Padahal, ia bisa melanjutkan tidurnya kembali tanpa harus digendong. Jadi Mam, jangan terburu-buru menggendong Si Kecil ketika ia terbangun di tengah malam, ya.

Memundurkan Waktu Tidur Bayi

Ketika Mam ingin meluangkan waktu lebih banyak degan Si Kecil perhatikanlah waktunya. Jangan ampai hal tersebut membuatnya memundurkan jam tidurnya. Si Kecil yang kurang tidur akan merasa kelelahan dan daya tahan tubuhnya juga akan melemah. Hal ini bisanya lebih banyak dialami oleh Mam yang berprofesi sebagai wanita karier, saat waktu yang memungkinkan untuk bertemu dengan Si Kecil hanyalah malam hari.

Apakah Mam pernah melakukan hal-hal di atas selama ini? Ternyata niat Mam yang tadinya ingin membuat Si Kecil tidur dengan nyaman justru membuat tidurnya kurang berkualitas. Bahkan bisa membahayakan hingga membuatnya meninggal. Oleh sebab itu, yuk, jadi Mam yang cerdas dengan tidak melakukan hal-hal di atas.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :