Mam, Inilah 4 Manfaat Menonton Film Bersama Buah Hati

Menonton film, manfaat menonton film, film Photo Credit: Pxhere.com

Menonton film bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bisa lebih menyenangkan bila Mam menyaksikannya bersama buah hati. Bila Mam belum pernah menonton film bersama buah hati, mungkin ini saat yang tepat untuk melakukannya. Menonton film bersama buah hati juga ternyata memiliki beberapa manfaat lho, Mam. Penasaran? Yuk, cek informasi di bawah ini!

Membantu buah hati mengasah kemampuan sosialnya

Manfaat satu ini bisa didapatkan Si Kecil tergantung dari jenis film yang ditonton. Jadi, jika Mam memilih film yang tepat, maka Si Kecil dapat mengambil pelajaran dan nilai moral yang terkandung dalam film tersebut. Biasanya, film mengandung pesan penuh makna yang bisa ia manfaatkan di kehidupan sosialnya. Film-film Indonesia seperti Laskar Pelangi bisa menjadi film yang Mam saksikan bersama buah hati. Mam juga bisa melakukan diskusi dengan Si Kecil mengenai pesan dari film tersebut agar ia tidak salah menyimpulkan makna dan pesan film.

Belajar dan memperkaya bahasa

Melalui nonton film, Mam juga memberikan kesempatan bagi Si Kecil untuk belajar dan memperkaya bahasa. Si Kecil dapat belajar sejumlah kosa kata baru, mengucap, merangkai, hingga memaknai kata yang dikeluarkan. Semua hal tersebut tentu saja dapat memperkaya keterampilan dan kemampuan Si Kecil dalam berbahasa. Terutama untuk Si Kecil yang sudah mulai belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Mam bisa menyaksikan film kartun berbahasa Inggris dengan subtitle bersama Si Kecil untuk membantunya.

Membuat Si Kecil berpikir kritis

Dengan menonton film bersama Si Kecil, Mam juga membuatnya dapat berpikir kritis. Setelah film yang ditonton usai, Mam bisa memberikan kesempatan kepada buah hati untuk menceritakan kembali isi film tersebut. Minta pula Si Kecil untuk menggambarkan perasaan serta apa saja pesan yang ia dapat dari film tersebut, hingga komentarnya tentang berbagai tokoh ataupun konflik yang terjadi dalam film. Dengan mengeksplor cerita film tersebut, Mam dan Si Kecil dapat berdiskusi bersama dan itu dapat memancing sisi kritis dalam dirinya. Bila dilakukan dengan benar dan telaten, bisa jadi Si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang kritis dan solutif lho, Mam.

Membuat rasa percaya diri Si Kecil meningkat

Buah hati yang berada ataupun dikelilingi oleh anggota keluarga dapat memberikannya rasa aman dan kepercayaan diri yang ia butuhkan. Si Kecil akan terpicu untuk lebih bereksplorasi tanpa perlu merasa takut gagal karena ia tahu bahwa keluarga akan terus memberinya dukungan. Nah, dengan nonton film bersama, Mam dan Si Kecil bisa menemukan waktu untuk berbincang. Dalam momen tersebut, ia bisa secara natural berbagai cerita yang ia miliki. Dengan begitu, Si Kecil pun akan menjadi lebih terbuka dan kepercayaannya terhadap anggota keluarga lainnya makin meningkat.

 

Wah, jadi kapan Mam akan mengajak Si Kecil untuk menonton film bersama?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :