Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Mam

Mengambil pilihan untuk menyusui mungkin merupakan sebuah keputusan besar buat Mam. Beragam pertimbangan akan muncul untuk memutuskan pilihan antara menyusui atau tidak. Artikel ini akan membantu Mam mengetahui manfaat menyusui. Yuk Mam mari disimak!

Mengembalikan Berat Badan

Hal yang tidak mungkin dihindari bagi wanita pasca melahirkan adalah naiknya berat badan. Jelas, setelah lebih kurang sembilan bulan mengandung tubuh akan melar dan tentunya bertambah berat. Perlu usaha keras untuk mengembalikan berat badan seperti semula. Namun hal itu tidak akan terjadi apabila Mam memilih untuk menyusui.

Menyusui akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini akan membantu rahim untuk kembali pada ukurannya semula. Selain itu, menyusui membutuhkan energi yang besar sehingga banyak kalori yang dapat terbakar dari aktivitas ini.

Memperkaya Zat Besi

Setelah melahirkan, Mam akan mengalami amenorrhea atau berhentinya siklus menstruasi. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar setelah melahirkan dan akan berlangsung selama 4-6 minggu. Namun, jika Mam memilih untuk menyusui siklus ini akan berlangsung lebih lama hingga dua kali lipat.

Dengan berhentinya siklus menstruasi Mam dapat menjaga kadar zat besi dalam darah. Zat besi ini penting di saat pasca melahirkan karena banyaknya darah yang hilang pada saat melahirkan. Menyusui membantu mengembalikan kadar zat besi dalam darah dan mencegah keluarnya darah melalui menstruasi. Hal ini akan memenuhi kebutuhan zat besi Mam.

Mengenal Si Kecil Lebih Baik

Seperti yang telah Mam ketahui, menyusui melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini tidak hanya mengembalikan ukuran rahim tapi juga bermanfaat untuk Mam dan Si Kecil. Hormon ini menghasilkan rasa tenang dan mengantuk untuk Si Kecil. Jadi, sambil menyusui Si Kecil, Mam juga dapat menidurkannya.

Nah, inilah waktu yang tepat untuk mengenal dan mengamati Si Kecil. Saat menyusui, jarak antara Mam dan Si Kecil akan menjadi lebih intim sehingga akan mudah untuk mengamatinya. Mam bisa melihat pertumbuhan Si Kecil dari jarak yang dekat.

Di samping itu, menyusui melepaskan endorfin dari tubuh. Endorfin membantu meredakan stress dan meningkatkan rasa bahagia. Meningkatnya rasa bahagia akan membuat Mam terhindar dari depresi pasca-melahirkan. Dengan terhindar dari depresi pasca-melahirkan, Mam akan lebih dekat dengan Si Kecil.

Menyehatkan Jantung

Menyusui akan menuntut Mam untuk mengubah pola makan karena pembentukan ASI membutuhkan nutrisi tertentu. Ini akan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Dengan turunnya kadar kolesterol maka kerja jantung akan sedikit berkurang.

Hormon-hormon yang dilepaskan pada saat menyusui juga membantu kerja jantung. Hormon oksitosin akan menghasilkan rasa tenang, sehingga tekanan darah akan menjadi lebih stabil.

Semoga artikel ini membantu Mam untuk memahami manfaat menyusui!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :