Memberi Tahu Si Kecil Tanpa Harus Berteriak

Beberapa kali mungkin Mam pernah melihat ada orang tua yang sengaja berteriak kepada Si Kecil. Walaupun teriakannya terdengar biasa, tetapi efek yang dialami Si Kecil bisa sangat besar. Si Kecil yang pada masa kecilnya sering diteriaki oleh orang tua tentu mengalami ketakutan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Si Kecil yang diasuh dengan cara lebih sabar.

Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara memberi tahu Si Kecil tanpa harus berteriak. Cara-cara ini akan membantu Mam untuk mengembangkan potensi Si Kecil.

Beritahu Apa yang Mam Inginkan, Jangan Melarang

Pasti akan ada saat di mana Si Kecil melakukan kesalahan atau hal yang tidak seharusnya, misalnya Si Kecil yang baru belajar berjalan tiba-tiba berlari hingga terjatuh. Ketika Si Kecil mengulangi kesalahan tersebut, jangan mengatakan, “Jangan berlari”. Lebih baik Mam mengatakan, “Jalan saja”. Itu akan membentuk pikiran yang bagus kepada Si Kecil.

Apresiasi Apa Saja yang Dilakukan Si Kecil

Apresiasi kepada Si Kecil akan membuat dirinya lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya. Dan ketika Mam dan Ayah banyak mengapresiasi Si Kecil, maka dirinya akan lebih saksama mendengarkan dibanding dengan sebelumnya. Misalnya, Si Kecil suka berbicara dengan suara keras, coba apreasiasi dengan mengatakan, “Wow, keras sekali suaranya, Kakak. Terima kasih sudah mendengarkan, ya.” Ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan, “Jangan berteriak!”

Coba Beri Catatan Waktu untuk Si Kecil

Ketika Mam ingin Si Kecil menyelesaikan waktunya menonton televisi, coba biasakan untuk memberinya catatan waktu. Misalnya, Mam bisa mengingatkan Si Kecil bahwa lima menit lagi waktu menonton televisi telah habis. Ajarkan kepada Si Kecil untuk menghormati waktu. Memang awalnya terasa sangat sulit karena Si Kecil akan sedikit nakal. Tetapi ketika Mam membiasakan n hal tersebut, Si Kecil pun lama-lama mengerti dengan hal tersebut.

 

Itulah beberapa hal yang bisa Mam lakukan untuk mengganti teriakan menjadi sesuatu hal yang bisa membuat Si Kecil lebih memahami. Biasakan juga hal ini kepada anggota keluarga yang lain agar Si Kecil dapat terbiasa.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :