Mencegah Penculikan! Bagaimana Cara Menjaga Si Kecil dari Orang yang Tidak Dikenal

Kasus penculikan anak belakangan ini memang sedang marak terjadi. Semakin berkembangnya zaman semakin beragam pula cara atau modus yang dilakukan oleh sang penculik untuk berhasil melancarkan aksinya. Tak jarang hal-hal manis pun rela dilakukan agar si korban mau ikut. Mam, tidak hanya kasus penculikan yang mengerikan, banyak kemungkinan buruk yang terjadi jika si kecil sudah berada di tangan orang lain. Nah, daripada selalu was-was berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga si kecil dari orang yang tidak dikenal.

Ajari si Kecil untuk Menolak dengan Tegas Ajakan Orang Lain

Hal utama yang harus Anda lakukan sebagai orang tua agar si kecil terhindar dari korban penculikan ialah dengan mengajari mereka untuk menolak ajakan orang lain. Mengapa? Karena hal inilah yang paling penting mengingat terlalu banyak modus yang dilakukan oleh para penculik mulai dari memberikan permen, mengajak jalan-jalan, dan bahkan membelikan mainan. 

Agar bisa menghindari hal tersebut, sebagai orang tua Anda mulai harus mengajarkan anak untuk menolak ajakan dari orang lain terutama orang yang tidak dikenal sedini mungkin. Ajarkanlah si kecil dengan mengatakan ‘tidak, terima kasih’. Anda juga bisa membiasakan kepada si kecil untuk selalu bilang dan juga minta izin terlebih dahulu dengan orang tua jika mendapatkan sesuatu atau diajak pergi oleh orang lain. Dari cara inilah orang tua bisa mengetahui siapa yang mencoba memberi sesuatu ataupun mengajak si kecil.

Sebisa Mungkin Selalu Menemani si Kecil

Anda mungkin saja bisa mempercayai si kecil, tapi tak selamanya hal itu benar dilakukan. Dalam kegiatan si kecil baik ketika di dalam atau pun luar rumah, ada baiknya si kecil selalu ditemani dan diawasi oleh satu orang dewasa. Jika Anda dan pasangan sama-sama sibuk karena harus bekerja, Anda bisa meminta bantuan dari anggota keluarga Anda, pengasuh, dan atau orang yang Anda percaya.

Ketika si kecil ada di luar rumah, ada baiknya Anda membekali si kecil alat komunikasi yang bisa memudahkan diri Anda untuk memantau keberadaan sang anak. Ketika Anda dan si kecil pergi ke tempat umum, pastikan untuk tidak pernah membiarkan si kecil pergi sendirian bahkan saat ia ingin ke toilet.

Ajari Anak untuk Melawan Jika Ada Orang yang Tidak Dikenal Memeluknya

Hal ini juga tidak kalah penting,Mam. Sedini mungkin, ajari si kecil untuk tidak membiarkan orang asing untuk menyentuh tubuhnya apalagi memeluknya. Sebisa mungkin Anda juga bisa mengajarkan pada si kecil ilmu bela diri. Setidaknya ajari si kecil untuk menangkal tangan orang lain yang ingin menyentuhnya. Ajari pula si kecil untuk berteriak minta tolong dan berlari keramaian apabila ada orang asing yang berani menyentuhnya.

Hindari si Kecil Menggunakna Barang Mahal ataupun Hal mencolok lainnya

Agar menghindari anak dari penculik, sebaiknya anak Anda tidak perlu menggunakan perhiasan ataupun barang berharga lainnya ketika sedang berpergian. Hal ini dilakukan mengingat barang berharga bisa menjadi pemicu terbesar bagi para penculik.

Nah, Mam, itulah beberapa cara dan tips bagaimana menjaga si kecil dari tindak penculikan. Jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi dengan si kecil, meskipun ia masih balita tidak ada salahnya untuk memintanya bercerita apa saja yang sudah dialami olehnya. Teleponlah si kecil jika memang Anda selama seharian tidak dirumah karena harus bekerja.

 

Baca juga:

Konsumsi Salmon Cerdaskan Otak Janin

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :