Mengapa Sekolah Swasta Itu Lebih Baik Ketimbang Negeri

Kualitas pendidikan memang menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua di mana pun mereka berada. Berbicara kualitas pendidikan, di Indonesia sendiri setidaknya ada dua jenis sekolah yang sering membuat bingung para orang tua yakni menentukan mana yang akan dipilih, sekolah Swasta atau sekolah negeri? Mam, apakah Anda salah satunya? tenang saja, Mam, Anda hanya perlu mengenal terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangan dari kedua jenis sekolah di Indonesia. Berikut alasan mengapa sekolah swasta menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah negeri.

Segi Kualitas Layanan

Sekolah swasta memang terkenal dengan sekolah dengan bayaran yang tinggi. Mungkin dari sisi itulah yang terkadang memberatkan para orang tua untuk memasukkan putra-putrinya ke sekolah tersebut. Tapi Mam, tahukah Anda harga mahal bukan berarti sekolah itu tidak menawarkan apa-apa. Biasanya sekolah swasta memiliki pelayanan yang cenderung lebih baik dan lengkap dibandingkan dengan sekolah negeri. Pelayanan tersebut biasanya meliputi keramahan, kenyamanan sarana dan prasarana, serta keamanan yang benar-benar terjamin.

Segi Kualitas Pendidikan

Berbicara tentang kualitas pendidikan, pada dasarnya lulusan tiap sekolah memang bermacam-macam dan tidak selalu lebih baik dari sekolah lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang ada di belakangnya, termasuk kemampuan dari anak itu sendiri. Tapi terkadang, karena menetapkan harga yang lebih mahal dan juga kualitas sarana prasarana yang cenderung lebih baik dari sekolah negeri, lulusan kualitas swasta biasnya mendapatkan layanan pendidikan yang lebih optimal dibandingkan dengan sekolah negeri.

Segi Etos Kerja

Berdiri sendiri atau di bawah tangan swasta, membuat sekolah Swasta lebih sering menerima komplain bila ada hal kecil atau kelalaian yang terjadi dalam pelayanan dan juga lainnya. Mungkin berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, tidak heran kalau orang tua akan menuntut jika ada kekurangan. Dari hal semacam ini justru membuat sekolah swasta terus mengevaluasi pelayanan dan juga kualitas yang ingin diberikan. Tidak heran kalau sebagian besar pegawai dan juga perangkat sekolah swasta akan selalu bekerja lebih keras dan memiliki etos kerja untuk memberikan pelayanan terbaik.

Kegiatan Sekolah yang Lebih Variasi

Hal ini juga menjadi keunggulan yang paling sering membuat sekolah swasta lebih menarik dibandingkan dengan sekolah negeri pada umumnya. Sekolah swasta terkenal dengan beragam kegiatan yang lebih seru dan juga berwarna bagi si kecil. Mengedepankan kualitas, sarana, dan pra sarana yang lebih baik, tidak heran kalau kegiatan di luar akademis yang ditawarkan pun lebih variasi.

Nah, Mam, itulah beberapa keunggulan yang diberikan oleh sekolah swasta jika dibandingkan dengan sekolah negeri. Meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sekolah swasta memang terkenal dengan kualitas pelayanan dan juga sarana yang memadai. Apakah Anda tertarik untuk memasukkan si kecil ke sekolah swasta?

 

Baca juga:

5 Makanan Pemicu Alergi Pada Anak

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :