Menumbuhkan Minat Baca Si Kecil

Pepatah mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. dengan membaca, kita bisa memperoleh banyak informasi berguna. Tapi, tak semua orang suka membaca, kecuali mereka yang memang sudah terbiasa membaca sejak kecil. Oleh sebab itu, budaya membaca sebaiknya ditanamkan sejak dini pada Si Kecil. Pertama-tama yang harus Mam lakukan adalah menumbuhkan minat baca. Jika bukan kita para orang tua yang membudayakan hal ini kepada Si Kecil, lalu siapa lagi? Yuk, lakukan hal-hal berikut agar Si Kecil semakin rajin membaca!

Jadilah Contoh

Pada umumnya, anak yang dibesarkan di lingkungan keluarga yang rajin membaca, juga akan terpengaruh oleh kebiasaan ini. Mam juga harus demikian. Meskipun Mam bukan seorang yang kutu buku, sempatkanlah untuk membaca walau hanya sebentar setiap harinya. Melihat Mam yang rajin membaca, Si Kecil juga akan penasaran dan meniru kebiasaan ini. Mam tak harus membaca buku ensiklopedia, koran dan novel pun bisa jadi. Jika Mam jarang membaca atau bahkan hampir tidak pernah, bagaimana Mam akan memberi contoh yang baik untuk Si Kecil?

Tanamkan pada Si Kecil bahwa Membaca itu Menyenangkan

Untuk Si Kecil yang baru masuk play group, memilihkan buku cerita bergambar dengan warna yang menarik adalah hal yang perlu. Buku yang berwarna-warni dan terdapat gambar lucu di dalamnya bisa menumbuhkan minat Si Kecil untuk membaca. Apalagi jika Mam membacakannya dengan keras disertai ekspresi tertentu seperti karakter yang ada pada buku tersebut, maka Si Kecil akan semakin penasaran dan ingin untuk bisa membacanya sendiri.

Lakukan Bersama-sama

Saat Mam membacakan buku dongeng untuk Si Kecil sebelum tidur, ini akan memperkuat ikatan Mam dengannya. Seiring berjalannya waktu saat Si Kecil mulai bisa membaca, mintalah dia sesekali membacakan dongeng tersebut untuk Mam. Lakukan hal ini secara bergantian. Jika perlu, ajak Sang Ayah dan Kakak agar lebih seru. Atur giliran untuk membaca masing-masing cerita setiap harinya. Jika satu orang membaca, maka yang lain harus mendengarkan. Lakukan hal ini secara terus-menerus dan Si Kecil pun akan berpikir bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan.

Pergi Ke Perpustakaan

Ajaklah Si Kecil untuk pergi ke perpustakaan. Ini adalah langkah lanjut untuk mengenalkan Si Kecil ke dunia membaca. Di sana akan ada banyak macam buku cerita sehingga Si Kecil bisa leluasa memilih buku yang disukainya. Ini akan membuatnya semakin bersemangat membaca. Ketika berhasil menyelesaikan satu buku cerita, ia akan penasaran dengan cerita yang lain sehingga ia akan terus membaca.

 

Menumbuhkan minat baca Si Kecil bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Tentu saja Mam perlu waktu untuk itu. Selama proses ini berlangsung, jangan sekali-kali memaksa Si Kecil. Jika Si Kecil tidak mau membaca, ajaklah dia di lain waktu, karena memaksa Si Kecil justru akan membuatnya enggan dan bahkan benci membaca. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :