MPASI Rumahan Mudah Dan Cepat Untuk Bayi 6 Bulan

mpasi rumahan

Setelah usia si kecil 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) tidak bisa mencukupi nutrisi bayi secara lengkap. Ia membutuhkan tambahan makanan lain untuk mencukupi nutrisinya. Makanan ini disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, banyak ibu yang masih bingung dalam pengenalan MPASI pada buah hatinya.

Setelah si kecil mendapatkan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan, tiba saatnya ia mendapatkan makanan tambahan atau yang akrab disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Sayangnya, tak semua ibu memahami hal ini. Bahkan, ada yang sudah memberi makanan pendamping ASI saat usia si kecil belum genap 6 bulan. Alasan pemberian makanan pendamping di usia 6 bulan ini, yakni pada usia tersebut kebutuhan gizi bayi semakin meningkat dan ASI sudah tidak bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisinya. Selain itu, di usianya yang 6 bulan ini, si kecil juga sudah memiliki pencernaan yang lebih siap untuk mencerna makanan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Beberapa ibu sering merasa bingung untuk memberi MPASI bagi si kecil. Apalagi bagi ibu baru yang belum berpengalaman mengasuh buah hati. Memang, saat ini banyak sekali produk MPASI instan yang beredar di pasaran. Namun, tak semua ibu dan anak merasa cocok dengan produk-produk tersebut. Ada ibu yang memang menginginkan MPASI buatan sendiri untuk si kecil atau memang si kecil tak mau dengan produk MPASI instan sehingga harus dibuatkan sendiri.

Membuatkan MPASI buatan sendiri atau yang kemudian lebih dikenal MPASI rumahan ini sering membuat ibu merasa repot. Ibu harus mengurus si kecil, memasak untuk keluarga, menyelesaikan pekerjaan rumah, dan ditambah kini harus menyediakan makanan MPASI untuk si kecil. Kalau ibu tidak pintar mengatur waktu dan memilih resep MPASI yang mudah dan cepat disajikan untuk si kecil memang terasa merepotkan. Memang, makanan yang bisa disajikan untuk si kecil tak bisa sembarangan. Ibu harus memilih bahan makanan yang sesuai, pengolahan yang benar, hingga porsinya pun harus diperhatikan. Meskipun begitu, ibu tak perlu menyerah untuk memberikan MPASI rumahan bagi si kecil. Banyak kok, makanan pendamping yang mudah dan cepat dibuat, bahkan nilai gizinya tak diragukan lagi. Lalu MPASI apa yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah untuk diberikan kepada si kecil di 6 bulan pertama ini?

Berikut ini ada beberapa contoh resep MPASI yang bisa Anda coba untuk si kecil di usia 6 bulan. Karena baru mulai dikenalkan makanan, sebaiknya makanan pendamping yang diberikan bersifat encer dengan porsi yang kecil, yakni 2-3 sendok makan setiap kali makan. Anda bisa mengenalkan pure saat pemberian MPASI kepada si kecil di usianya 6 bulan ini. Pure adalah bahan makanan yang dijadikan lebih lembut supaya aman untuk dikonsumsi bayi. Beberapa resep pure di bawah ini bisa ibu coba. Resep pure ini cukup sederhana, bahannya mudah didapatkan dan cara penyajiannya pun cepat dan mudah.

Pure pepaya

Bahan:

  • 150 gr pepaya (kupas kulitnya, cuci, potong-potong)
  • 75 cc asi perah/susu formula

Cara membuat:

  1. Siapkan blender. Masukkan potongan pepaya yang telah dikupas kulitnya dan dicuci hingga bersih. Tambahkan asi perah atau susu formula.
  2. Blender sampai halus sekitar 3 menit. Matikan blender.
  3. Tuang ke dalam gelas atau tempat makan si kecil.

*Bisa disajikan untuk 2 kali makan.

Pure alpukat

Bahan:

  • 50 gr alpukat (ambil dagingnya, cuci, potong-potong)
  • 25 cc asi perah atau susu formula

Cara membuat:

  1. Siapkan blender. Masukkan daging alpukat yang telah dipotong-potong dan dicuci. Tambahkan asi perah atau susu formula.
  2. Blender sampai halus, kira-kira 3-4 menit.
  3. Sajikan dalam gelas atau tempat makan si kecil.

*Bisa disajikan untuk 1 kali makan.

Pure Pir + Pisang

Bahan:

  • 50 gr buah pir (kupas kulitnya, cuci, potong-potong)
  • 50 gr pisang sunpride
  • 50 cc asi perah atau susu formula

Cara membuat:

  1. Kukus buah pir hingga lunak, kira-kira 10 menit. Angkat lalu sisihkan.
  2. Siapkan blender dan blender buah pir bersama asi perah atau susu formula sampai halus. Tuang ke dalam tempat makan si kecil.
  3. Siapkan wadah, kerok pisang sunpride dengan sendok sampai halus.
  4. Campurkan pisang bersama buah pir ke dalam wadah. Sajikan.

*Bisa disajikan untuk 2 kali makan.

Pure kacang hijau

Bahan:

  • 2 sdm kacang hijau (cuci sampai bersih)
  • 200 cc air
  • 50 cc asi perah atau susu formula

Cara membuat:

  1. Siapkan panci, rebus kacang hijau kurang lebih 20 menit dengan api sedang. Angkat.
  2. Haluskan kacang hijau namun jangan diblender. Selanjutnya, saring supaya kulitnya tidak ikut termakan.
  3. Tambahkan air rebusan kacang hijau dan asi perah atau susu formula supaya encer dan siap dimakan si kecil.

*Bisa disajikan untuk 1 kali makan.

Selamat menyajikan masakan sehat untuk buah hati ya Bu. Dengan makanan bergizi buatan ibu sendiri, tumbuh kembang si kecil pasti lebih optimal.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :