Orang Tua Perlu Miliki Parenting Skill

Parenting skill, parenting, pola asuh Photo Credit: Pexels

Untuk dapat merawat dan membesarkan anak dengan baik, orang tua perlu memiliki parenting skill yang baik pula. Tanpa adanya parenting skill yang tepat, cara orang tua dalam membesarkan anak bisa jadi bermasalah dan malah akan menganggu perkembangan Si Kecil. Lantas, mengapa orang tua perlu memiliki parenting skill ini? Yuk, Mam, temukan informasi lengkapnya di bawah ini!

Mengenal pengertian parenting skill

Tahukan Mam apa yang dimaksud dengan parenting skill? Parenting skill merupakan keterampilan dalam hal mengasuh anak. Setiap orang tua pada dasarnya tentu telah menguasai keterampilan ini. Tujuan parenting skill sendiri adalah agar orang tua dapat berinteraksi dengan anak secara lebih terarah. Dengan begitu, anak akan memiliki karakter yang mandiri, cerdas, dan sejumlah karakter baik lainnya sejak dini.

Tips parenting skill

Untuk menguasai parenting skill terbaik, ada beberapa tips yang perlu Mam ketahui. Di antaranya adalah:

Menjadi teladan bagi anak

Mam tentu sudah tahu, kan, bahwa anak-anak suka meniru sikap dan perilaku orang tua? Nah, oleh karena itu, penting bagi Mam untuk menjadi teladan bagi anak. Sebelum belajar di dunia luar, anak akan belajar mengenal dunia dari orang tuanya. Jadi, penting bagi Mam untuk secara konsisten memberikan contoh baik bagi Si Kecil. Misalnya dengan berbicara secara lembut dan sopan hingga bersikap penuh perhatian dan kasih sayang.

Bersikap tenang

Ada kalanya Mam akan terganggu dengan keusilan dan tingkah Si Kecil. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Mam bersikap kasar, ya. Mam perlu untuk terus bersikap tenang agar anak dapat belajar dari kesalahannya tanpa merasa takut. Mam bisa memberikan pelajaran kepada anak dengan nada tegas, tidak perlu berteriak. Meluapkan kemarahan Mam kepada Si Kecil secara berlebihan hanya akan membuatnya takut.

Berikan pengertian kepada Si Kecil

Setiap kali Si Kecil melakukan kesalahan, alih-alih menghakimi dan memarahinya, Mam bisa memberikan penjelasan dan pengertian kepada Si Kecil. Mam bisa menjelaskan konsekuensi dari perilaku buruk Si Kecil, berikan penjelasan tentang apa yang boleh dan tidak ia lakukan, dan pastikan Si Kecil mengerti apa yang Mam sampaikan. Setiap kali Si Kecil berprilaku baik, berikanlah pujian dan hargai setiap perilaku baiknya. Hal tersebut akan membuat Si Kecil merasa dihargai dan membuatnya lebih pengertian dan penuh kasih sayang.

Dorong Si Kecil untuk membangun kepercayaan diri

Agar Si Kecil dapat melakukan berbagai hal yang ingin ia lakukan, ia perlu kepercayaan diri. Bila Si Kecil cenderung kurang percaya diri dengan kemampuannya, Mam perlu mendorong terbentuknya kepercayaan diri tersebut dengan terus mendukung dan memberikannya pujian yang membangun. Beri tahu juga bahwa kesalahan dan kegagalan adalah hal yang biasa. Setiap kata yang Mam sampaikan kepada Si Kecil akan menempel di hati dan pikirannya, membuatnya lebih kuat dan bisa lebih percaya diri untuk melakukan apa yang ingin ia lakukan.

 

Itulah informasi seputar pentingnya parenting skill bagi orang tua yang perlu Mam ketahui. Pastikan mam mengasah kemampuan ini agar pertumbuhan Si Kecil berjalan lancar ya, Mam. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :