Pentingnya Tidur Siang buat Si Kecil

Bagi Si Kecil, waktu tidur siang mungkin merupakan waktu yang paling tidak disukainya. Tidur siang akan menghalanginya untuk bermain atau melakukan aktivitas lain yang menjadi kegemarannya. Padahal tidur merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi tumbuh kembang Si Kecil selain makan. Yuk Mam, pelajari betapa pentingnya tidur siang bagi Si Kecil!

Si Kecil Butuh Waktu Tidur Lebih Panjang

Berbeda dengan orang dewasa yang hanya membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur, anak-anak butuh waktu tidur yang lebih panjang. Waktu tidur yang dibutuhkan anak-anak beragam, untuk anak usia 1-3 tahun butuh 12-14 jam per hari untuk tidur. Si Kecil dengan usia 3-5 tahun perlu 11-12 jam per hari untuk mencukupi kebutuhan tidurnya. Sedangkan anak-anak yang berusia 5-12 perlu 10-11 jam per hari. Tetapi satu hal yang pasti, waktu tidur yang diperlukan Si Kecil lebih panjang.

Guna memenuhi rentang panjang yang diperlukan anak untuk tidur ini, Mam bisa mengaturnya dengan mengambil 1-3 jam untuk tidur siang dan sisanya sebagai tidur di malam harinya (kira-kira 8-10 jam), keduanya harus seimbang sehingga total waktu tidur Si Kecil tidak kurang ataupun berlebihan. Jika menilik aktivitas anak-anak sekarang dan jam yang ideal untuk tidur siang, Si Kecil bisa tidur siang selama 1,5 jam.

Memperbaiki Pola dan Kualitas Tidur

Tidur siang dapat membantu Si Kecil untuk lebih mudah tertidur di malam harinya. Dengan demikian, pola jam tidur anak akan lebih teratur. Seperti yang telah disebutkan, anak-anak memerlukan jam tidur yang lebih panjang daripada orang dewasa. Pola tidur yang memenuhi kebutuhan itulah yang baik bagi Si Kecil. Dengan tidur yang tercukupi, kualitas tidur Si Kecil pun akan meningkat.

Tidur Siang Penting untuk Pertumbuhan Si Kecil

Tanpa tidur, tubuh manusia akan terasa lemas dan tidak bugar. Begitupun tubuh anak-anak, tanpa tidur yang cukup mereka akan merasa lemas. Dengan tubuh yang tidak bugar maka pertumbuhan Si Kecil juga akan terhambat. Somatropin (atau HGH) yang dikenal sebagai hormon pertumbuhan manusia ditemukan lebih banyak dalam darah pada saat anak dalam kondisi tertidur lelap. Karenanya, tidur siang penting untuk pertumbuhan si kecil.

Merangsang Stimulus Otak

Pada masa-masa pertumbuhan, Si Kecil dan teman-temannya tentu sangat aktif bergerak kesana kemari, tanpa disadari aktivitas tersebut memerlukan banyak energi. Untuk memulihkan kebugaran Si Kecil, istirahat atau tidur di siang hari merupakan solusi yang efektif. Saat energi dan tenaga anak pulih maka stimulus dalam otak dapat bekerja lebih baik, dengan stimulus yang bekerja baik maka konsentrasi dan daya ingatnya juga baik.

Mencegah Penyakit

Telah disebutkan bahwa tidur siang dapat mengembalikan kebugaran Si Kecil. Tidur siang mengumpulkan energi dan mengembalikan tenaga yang digunakan anak saat beraktivitas seharian. Dari sini dapat dilihat bahwa tidur siang merupakan satu mekanisme restorasi energi yang paling mudah dilakukan. Dengan pengembalian energi ini, tubuh Si Kecil tidak akan rentan terhadap penyakit.

Tidak hanya itu, anak-anak yang tidak tercukupi kebutuhan tidurnya akan semakin mudah untuk terserang penyakit yang lebih berbahaya seperti obesitas, diabetes, dan jantung. Oleh karenanya, dengan tidur siang selama 1-2 jam berguna melengkapi kebutuhan tersebut.

Jadi, Si Kecil tidak boleh melewatkan tidur siang karena dampak yang timbul bisa begitu besar. Mam bisa menyusun trik tertentu seperti membacakan dongeng untuk Si Kecil setelah makan siang supaya cepat tidur siang. Jangan sampai Si Kecil melewatkan tidur siangnya ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :