Pergi Mudik? Yuk Persiapkan Si Kecil Bepergian Jauh

Berpergian bersama keluarga termasuk anak adalah suatu momen yang paling menyenangkan dan tidak terlupakan. Memasuki bulan suci, bagi umat muslim mungkin sudah memikirkan akan kemana pergi mudik tahun ini. Selain bersilahturahmi, pergi mudik bersama keluarga khususnya si kecil tentu akan memberikan suatu pengalaman terbaru di dalam hidupnya. Namun, jangan sampai kondisi perjalanan dan juga persiapan yang tidak matang bisa membuat perjalanan mudik si kecil jadi tidak menyenangkan. Nah, Mam, sebelum itu perhatikan terlebih dahulu beberapa poin persiapan di bawah ini untuk mudik bersama si kecil.

Menyediakan Obat-obatan

Tubuh anak-anak masih sangat rentan terkena penyakit bila melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu sebaiknya sebelum Anda berangkat. Pastikan Anda sudah mempersiapkan obat-obatan ringat atau khusus sebagai langkah antisipasi dalam perjalanan mudik. Obat-obatan yang disarankan untuk dibawa adalah obat penurun panas, obat batuk, obat pilek, oralit, minyak kayu putih, obat luka, alcohol, dan juga obat anti-mabuk perjalanan. Agar memudahkan Anda menemukan obat-obatan ini ketika dibutuhkan, pastikan Anda menyimpan obat-obatan ini dalam satu tempat yang mudah dijangkau.

Membuat List Barang Bawaan Mudik

Memutuskan untuk mudik bersama anak-anak berarti Anda sudah haru mempersiapkan begitu banyak keperluan yang dibutuhkan si kecil. Mulai dari baju ganti, popok, selimut, mainan, baby Carseat, baby carrier, toiletries ( sikat gigi, pasta gigi, lotion, baby cream, shampoo, dll.), dan juga obat-obatan. Nah, daripada bingung karena banyak barang yang akan dibawa, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa list atau daftar untuk barang-barang yang ingin dibawa tersebut.  Masukkan pula ke dalam list Anda beberapa makanan dan camilan sehat untuk anak Anda seperti buah dan biskuit.

Merencanakan Aktivitas Seru selama Perjalanan

Ketika pergi mudik atau berpergian jauh biasanya anak-anak akan merasa mulai bosan karena harus duduk diam saja dalam mobil sebelum sampai ke tempat peristirahatan atau tujuan akhir. Nah, demi mengisi kekosongan tersebut rencanakanlah kegiatan-kegiatan seru seperti bernyanyi bersama, membaca buku cerita, dan juga bermain tebak-tebakkan. Sebagai orang tua, penting sekali untuk menjaga suasana perjalanan Anda terasa menyenangkan agar anak tidak bosan dan akhirnya rewel. Dalam perjalanan pun Anda harus bisa menjaga kesabaran Anda ketika anak rewel dan sering menentang. Jangan merusak suasana perjalanan tersebut dengan berbalik marah padanya.

Persiapan Fisik

Menjelang waktu keberangkatan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan anggota keluarga dengan baik. Jangan biarkan si kecil terlalu banyak aktivitas sebelum hari keberangkatan, agar tidak mudah lelah dan akhirnya jatuh sakit. Dan jika anak Anda sakit menjelang mudik, sebaiknya jangan memaksakan untuk pergi sebelum kondisinya sudah jauh lebih baik. Perhatikan pula pola makan serta kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil dan juga anggota keluarga lainnya. Biasakan si kecil untuk minum air putih atau jus buah dan juga memakan makanan yang kaya serat.  Tidak hanya asupan gizi, waktu istirahat yang cukup juga sangat berpengaruh pada kesehatan fisik si kecil dan juga anggota keluarga lainnya. Ada baiknya pula jika Anda terlebih dahulu memeriksa kesehatan si kecil pada dokter sebelum melakukan perjalanan agar mudik Anda berjalan dengan lancar.

Nah, itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum mengajak si kecil mudih atau berpergian jarak jauh. Jika semua sudah disiapkan, jangan lupa untuk memiliki persiapan mental untuk menghadapi apa saja yang terjadi selama perjalanan mudik. Maksimalkan persiapan mudik bersama keluarga Anda dengan berdoa agar semuanya tetap dalam kondisi yang sehat dan dilancarkan perjalanannya mulai dari berangkat hingga pulang lagi.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :