Permainan untuk Anak Autis

permainan untuk anak autis

Semua anak suka bermain, begitu pun anak penderita autis. Ada beragam permainan yang bermanfaat bagi perkembangan kognitif anak. Tak harusmenggunakan alat permainan mahal, permainan sederhana dan murah pun bisa dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan anak autis.

Bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Aktivitas ini juga berperan penting dalam mendukung perkembangan si Kecil, tidak terkecuali bagi anak-anak penderita autis. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa bermain dapat digunakan sebagai terapi bagi penyandang autis.

Dalam Media Disabilitas Indonesia (Diffa) disebutkan bahwa mainan yang sebaiknya diperkenalkan kepada anak autis adalah jenis permainan yang dapat merangsang anak untuk belajar berkonsentrasi, belajar berkomunikasi atau mengikuti perintah, memahami kata, dan mengenal warna. Tak mudah memang memilihkan permainan yang tepat untuk anak autis, tapi Anda tak boleh menyerah. Saat ini, beberapa jenis mainanyang digunakan untuk merangsang motorik halus anak penderita autis banyak dijual di toko-toko mainan dengan harga bervariasi. Berbagai permainan sederhana juga dapat Anda lakukan di rumah bersama anak dengan memanfaatkan benda-benda yang ada. Agar tidak keliru memilihkan mainanuntuk si Kecil, Mam sebaiknya mencari banyak informasi. Manfaatkan internet dan rajin membaca buku mengenai pola asuh anak autis, serta banyak berdiskusi dengan sesama orangtua dari anak penyandang autis guna memperoleh banyak masukan mengenai beragam permainan yang bisa Anda pilih dan berikan kepada si Kecil.

Orangtua berperansangat penting dalam mengenalkan permainan untuk anak autis. Pilihan permainan yang tepat bagi anak autis dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga mampu berinteraksi dengan teman-temannya. Usahakan Anda mendampingi si Kecilsaat bermain dan merangsang kemampuannya. Jika masih bingung memilihkan permainan untuk si Kecil yang mengidap autis, beberapa ide permainan berikut ini dapat Mam coba.

  • Meronce kancing baju
    Andamungkin memiliki persediaan kancing baju di rumah ataubisa juga memanfaatkan kancing baju yang sudah tidak terpakai. Manfaatkan warna-warni kancing baju untuk mengenalkan warna pada si Kecil yang autis. Agar permainan ini menyenangkan, ajak ia meronce kancing baju dalam seutas benang dan mengelompokkan kancing berdasarkan ukuran, bentuk, dan juga warnanya. Selain mengenalkan anak pada warna dan bentuk, permainan ini juga melatihnya untuk berkonsentrasi saat meronce. Permainan meronce ini merupakan salah satu cara dalam merangsang motorik halus anak.
  • Menggunakan video animasi
    Ajak dan dampingi si Kecil melihat video animasi pada layar kaca. Motivasi dirinya untuk ikut bertepuk tangan dan bernyanyi ketika video yang ditontonnya tengah bernyanyi. Hal ini akan menjadi aktivitas bermain yang menyenangkan sekaligus melatihnya belajar berbicara. Biarkan anak meniru gerakan-gerakan tokoh dalam video yang dilihatnya tersebut. Dalam hal ini, Anda perlu memilihkan tontonan yang menarik sehingga membuat si Kecil senang melihatnya, mampu menirukan gerakan tokoh, dan juga perkataannya.
  • Puzzle
    Puzzle merupakan alat bermain yang mudah didapatkan di toko mainan. Permainan ini bisa Anda pilih untuk mengembangkan motorik halus si Kecil. Dengan mengajaknya bermain puzzle, makahal ini akan melatih si Kecil untuk berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan kongnitifnya. Selain itu, saat menyusun bentuk gambar dalam papan puzzle, jari-jari tangan anak juga akan terlatih.
  • Kartu bergambar
    Anak autis lebih mudah memahami sesuatu secara visual. Menggunakan kartu bergambar dalam permainan dapat membantu si Kecil mengembangkan kemampuan berkomunikasinya.
  • Buku serial bergambar
    Anak autis pasti senang ketika ditunjukkan buku serial bergambar warna-warni, seperti gambar binatang, pohon, dan alat transportasi. Buku-buku seperti ini juga dapat merangsang keingintahuannya dan juga mendukung keterampilan membacanya.
  • Kotak musik
    Mengenalkan kotak musik ke anak autis dapat merangsangnya untuk memadupadankan suara dari berbagai alat musik sehingga menjadi sebuah komposisi yang menarik. Selain merangsang pendengarannya, anak juga akan senang karena mendapatkan pengalaman baru dari berbagai suara yang didengarnya.
  • Menggambar
    Sediakan buku gambar dan alat gambar,lalu ajak si Kecil melihat pohon dan tanaman di luar rumah, kemudian ajak ia menggambar sesuai keinginannya. Menggambar bagi anak autis merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan imajinasi mereka.

Selamat mencoba, Mam.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :