Si Kecil Sulit untuk Tidur? Berikan Cara Ini Agar Si Kecil Mudah Mengantuk

Bagi orang dewasa, memiliki kesempatan tidur lebih dari 6 jam sehari adalah kesempatan langka. Namun, kesempatan yang Mam anggap langka itu tidak berlaku untuk anak-anak. Mereka justru menganggap bahwa tidur adalah musuh terbesar mereka. Tidak ada kata lelah dalam kamus hidup Si Kecil walaupun telah seharian aktif beraktivitas.

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa tidur seringkali dianggap aktivitas yang membosankan bagi Si Kecil. Dikutip dari situs web helloSEHAT, setidaknya ada tujuh alasan yang mendasari masalah tersebut, beberapa diantaranya adalah ketakutan Si Kecil harus berpisah dengan orangtua mereka, trauma akan mimpi buruk, adanya masalah pada ritme tidur sirkadian, atau bahkan waktu tidur yang sebenarnya tidak tepat. Padahal, Si Kecil harus mendapatkan tidur yang berkualitas supaya energi yang dibuangnya selama seharian bisa penuh kembali. Oleh sebab itu, berikut () cara yang bisa Mam lakukan agar Si Kecil mudah mengantuk dan tidur lebih cepat:

  1. Tidak bermain video game sebelum tidur

Sebuah studi yang pernah diterbitkan di Pediatrics pada tahun 2007 menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain video game satu jam sebelum jam tidur akan mengalami gangguan pada tidur mereka. Oleh sebab itu, usahakan supaya tidak bermain video game jika waktu tidur sudah dekat. Kalaupun Si Kecil merengek dan meminta untuk tetap  boleh bermain video game, maka beri ijin jika memang waktu bermainnya masih jauh dengan waktu tidur mereka.

  1. Memberikan camilan sehat sebelum tidur

Siapa bilang mengemil sebelum tidur membuat tubuh tidak sehat? Hal tersebut tidak akan terjadi ketika Mam memberikan camilan sehat seperti: buah-buahan, oatmeal dengan susu, atau roti panggang dengan selai alami. Zat-zat kimia dalam makanan-makanan tersebut (penggabungan protein dan karbohodrat, atau pembentukan asam amino) akan membuat Si Kecil merasa lebih mudah mengantuk. Selain makanan diatas, Mam juga bisa memberikan yoghurt, tuna, atau telur kepada Si Kecil sebelum tidur.

  1. Merencanakan mimpi

Walaupun terkesan main-main, tetapi cara ini terbukti efektif membuat Si Kecil mau naik ke atas kasur dan pergi tidur. Ajak Si Kecil untuk berdiskusi soal mimpi apa yang akan mereka mimpikan saat malam: seperti apa petualangan yang akan mereka jalani, dengan siapa saja mereka akan bertualang, atau kemana tujuan petulangan mereka. Setelah itu, jangan lupa untuk menanyakan bagaimana kelangsungan mimpi tersebut saat Si Kecil bangun di pagi harinya. Dengarkan cerita mereka dan tanggapi dengan serius, hal tersebut akan membuat Si Kecil merasa dihargai dan bersemangat.

  1. Buat kamar tidur Si Kecil gelap

Anak-anak memang cenderung takut gelap, namun ruangan yang gelap justru memudahkan seseorang untuk terlelap. Oleh sebab itu, biasakan supaya Si Kecil bisa tidur dalam gelap. Minimnya cahaya saat tidur sangat baik bagi kesehatan, apalagi mengingat selama bangun kita selalu terpapar “blue-light” dari perangkat elektronik seperti jam alarm, komputer, dan telepon. Jika Si Kecil masih terlalu takut tidur dalam kondisi gelap gulita, Mam bisa mengakalinya dengan menyalakan lampu tidur yang redup.

Mam, dikutip dari situs online Kompas, The American Academy of Sleep Medicine telah merumuskan berapa waktu ideal tidur Si Keci tiap harinyal. Untuk usia 4-12 bulan, Si Kecil harus mendapatkan waktu tidur sebanyak 12-16 jam; 1-2 tahun adalah 11-14 jam; 3-5 tahun adalah 10-13 jam; dan 6-12 tahun adalah 9-12 jam. Oleh sebab itu, maksimalkan waktu tidur mereka ya, Mam!

 

Baca juga : 

Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :