Si Kecil Susah Makan? Bujuk Ia dengan 5 Cara Ini

Photo credit: Pexels.com

Ada kalanya Si Kecil susah makan. Alasannya pun beragam, mulai dari nafsu makannya berkurang hingga adanya acara TV yang lebih menarik. Mam sedang mengalami hal ini? Tentu sangat menyusahkan bukan? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk membujuk Si Kecil yang susah makan.

Peralatan Makan yang Menarik

Si Kecil pasti punya warna atau tokoh kartun favorit yang selalu menemani hari-harinya. Mam bisa menggunakan hal ini untuk membujuk Si Kecil di waktu makan. Sediakan peralatan makan dengan warna atau tokoh kartun favoritnya. Saat ini peralatan makan semacam ini telah banyak beredar dan tentunya aman untuk anak-anak

Tata Makanan Sedemikian Rupa

Penataan makanan ternyata juga mempengaruhi nafsu makan Si Kecil. Makanan yang ditata asal-asalan akan menimbulkan kesan tidak sedap dan tidak akan membangkitkan selera makan. Tata makanan untuk Si Kecil dengan sedemikian rupa. Bentuk makanan yang lucu akan membuat Si Kecil tertarik untuk mencoba makanan.

Selain itu Mam bisa juga mengajak Si Kecil untuk menyusun dan menata makanan mereka sendiri. Sebagai contoh, saat Mam menyajikan sandwich, biarkan Si Kecil memilih isian dan menyusun sendiri sandwich tersebut; atau jika Mam tidak mau repot sajikan makanan dengan saus yang bisa dicelup. Hal ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak.

Makan Bersama

Ada anggapan bahwa seseorang akan cenderung makan lebih banyak jika makan bersama. Begitu pula dengan anak-anak, mereka akan lebih mudah makan jika orang-orang di sekitar juga makan. Terutama jika orang-orang tersebut adalah orang yang mereka kenal dengan baik. Untuk itu, cobalah untuk selalu makan bersama Si Kecil. 

Anak-anak akan cenderung meniru tingkah laku orang tua mereka, sehingga cara ini mungkin adalah salah satu yang paling efektif. Di samping itu, hal ini juga akan meningkatkan keharmonisan keluarga Anda,

Berikan Makanan Pencuci Mulut

Anak-anak selalu menyukai makanan pencuci mulut (dessert). Makanan pencuci mulut cenderung manis sehingga cocok untuk lidah Si Kecil. Sediakanlah dessert untuk Si Kecil dan hanya berikan jika mereka menghabiskan makanan. Ini akan menjadi motivasi mereka untuk makan.

Ajak Si Kecil Memasak

Cara ini bisa Mam lakukan di hari libur. Ajak Si Kecil memilih menu untuk hari tersebut dan memasak menu tersebut. Melibatkan Si Kecil dalam proses memasak akan membuat mereka lebih menghargai makanan. Selain itu, karena Si Kecil memilih sendiri menu makanannya, maka mereka akan lebih berselera makan.

Terkadang waktu makan menjadi saat-saat yang menyulitkan karena Si Kecil susah makan. Semoga dengan lima tips di atas Si Kecil tak lagi susah makan ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :