‘The Happy Song’ Lagu yang Secara Ilmiah Akan Membuat Bayi Bahagia

Musik memang sudah diketahui sejak lama bisa mempengaruhi atau membangkitkan emosi dalam jiwa seseorang. Tidak heran kalau setiap orang termasuk Mam memiliki lagu-lagu favorit entah pada saat senang ataupun sedih. Tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, bahkan seorang bayi sejak dalam kandungan pun sudah bisa merasakan pengaruh musik terhadap perkembangan emosi dan juga otaknya.

Nah, Mam, jika alunan musik Mozart ataupun klasik bisa membantu bayi Anda tidur lebih nyenyak dan memiliki otak cerdas, tahukah Anda kalau kini sudah ada lagu yang secara ilmiah bisa membuat bayi Anda bahagia hingga tertawa terpingkal-pingkal? Kalau tidak percaya, simak penjelasan di bawah ini,

Mam, mungkin sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau musik memiliki pengaruh besar terhadap kondisi psikologi seseorang. Namun untuk penelitian yang dilakukan untuk anak bayi masih sangat sedikit. Itulah mengapa perusahaan makanan bayi asal Inggris, Cow & Gate merekrut dua orang pakar perkembangan anak Casper Addyman dan juga Psikolog musikal Lauren Stewart untuk memecahkan kode ilmiah di balik jenis musik atau lagu seperti apa yang paling disukai oleh para bayi, lalu hadirlah sebuah lagu yang terbukti secara ilmiah mampu membuat bayi bahagia.

Addyman dan Stewart melakukan riset untuk Baby Laugther Project dengan berdiskusi bersama para orang tua tentang lagu anak-anak dan lagu apa yang paling disukai oleh bayi mereka. Selain itu dalam project ini mereka juga mengulik nada-nada yang mudah diingat dari karya Stewart guna melihat karakteristik mana yang paling menonjol. Hingga akhirnya muncul kesepakatan bahwa lagu yang bernada tinggi dan mudah dinyanyikan serta memiliki intonasi nada seperti kita berbicara pada bayi adalah lagu yang paling disukai oleh para bayi.

Setelah menemukan karakteristik lagu yang tepat untuk bayi, kedua pakar ini pun menggandeng musisi pemenang penghargaan Grammy Imogen Heap untuk menyanyikan serta mendapatkan iringan musik gubahan dari Michael Janisch seorang ahli pembuat musik jazz untuk bayi dalam lagu yang berjudul ‘The Happy Song’ ini. Dalam pembuatannya, lagu ini pun dirancang khusus dengan menyesuaikan denyut jantun bayi yang lebih cepat detaknya daripada orang dewasa.

Para ahli juga menemukan fakta kalau bayi akan lebih bisa menikmati sebuah lagu yang dinyanyikan oleh perempuan. Para peneliti menemukan pula kalau suara seseorang akan berubah ketika sedang berbicara dengan bayi, kasus ini sering terjadi pada suara perempuan. Sang penyanyi Imogen Heap dianggap sangat mengerti kebutuhan ‘bahasa bayi’ karena ia sendiri memiliki seorang anak usia 18 bulan.

Dalam proses meracik lagu ini, dihadirkan 26 bayi yang berusia sekitar enam bulan dan 12 bulan yang juga ditemani oleh ibu dan beberapa ayah di laboratorium. Melalui pertemuan itulah para orang tua saling berbagi preferensi yang jelas untuk satu melodi musik tertentu. Situs The Conversation pun mencatat sekitar 2.5000 orang tua dari C&G Club dan Heapas Fan Club memberikan pendapat kalau suara konyol bisa membuat bayi mereka tertawa bahagia. Suara-suara konyol orang tua itulah yang akhirnya dikumpulkan sebagai formula dan dijadikan sebuah lagu.

Suara-suara yang terkumpul dari riset itu adalah boo!(66%), raspberry(57%), bersin (51%), suara binatang(23%), dan bayi tertawa(28%). Dalam riset itu juga diketahui kalau bayi akan merespon lebih baik untuk suara vocal seperti ‘pa’ dan ‘ba’ dibandingkan dengan suara yang terdengar ‘la’. Nah, Mam, simak saja langsung video musik ini https://youtu.be/XjpraGVs2Sg .

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :