Tinggi Si Kecil Tidak Sempurna? Ini 5 Hal yang Bisa Mam Lakukan

Ada anggapan yang mengatakan kalau tinggi tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh orang tuanya. Jika kedua orang tuanya tinggi, maka si anaknya pun akan tumbuh tinggi. Nyatanya, anggapan seperti itu tidak selalu benar. Selain faktor genetika, ada faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi si kecil seperti asupan nutrisi dan juga stimulasi yang cukup. Nah, apakah Anda merasa si kecil pertumbuhan tingginya kurang sempurna? Jangan khawatir! Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pastikan si Kecil Istirahat yang Cukup

Meskipun terasa sepele, tapi hal ini ternyata memiliki dampak yang luar biasa pada pertumbuhan tinggi si kecil. Agar pertumbuhannya sempurna, pastikan si kecil sudah mendapatkan waktu istirahat 10 hingga 12 jam. Saat tubuh kekurangan istirahat yang cukup, tubuh si kecil akan mengalami gangguan pertumbuhan. Biasakan untuk mengajak anak tidur lebih awal agar jam-jam pertumbuhan tubuh si kecil bisa berjalan secara maksimal.

Memberikan Asupan Makanan yang Tepat untuk Si Kecil

Ragam nutrisi seperti protein, asam amino, zat besi, yodium, zinc, kalsium, vitamin A,B,C,D adalah rangkaian nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika si kecil mendapatkan nutrisi dari asupan makanan yang cukup dan tepat maka pertumbuhan si kecil tidak akan terhambat dan berkembang sesuai dengan seusianya. Agar bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut, Anda bisa memperbanyak makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, oatmeal, yogurt, wortel, bayam, ayam, kedelai, susu, dan telur.

Ajarkan Anak Berolahraga

Olahraga memang menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga fit. Ada beberapa olahraga yang dapat memicu pertumbuhan tingi si kecil seperti basket, renang, lari, dan lainnya. Ketika si kecil berolahraga, kelenjar pituitari si kecil pun bisa melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan diri mereka. Jangan lupa pula untuk melakukan latihan peregangan. Mengingat dengan rutin, maka tulang belakang yang ada dalam tubuh manusia akan meregang seiring berjalannya masa tumbuh kembang si kecil.

Biarkan Si Kecil Terkena Sinar Matahari Pagi

Matahari memang menjadi sumber vitamin D paling baik untuk tubuh, hal tersebut juga sudah dibuktikan dalam banyak penelitian. Mam, cahaya matahari dapat membantu tubuh untuk mergenerasi vitamin D dan zat lain dalam tubuh untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Cahaya matahari juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan membantu menguatkan tulang si kecil.

Lakukan Evaluasi

Setelah melakukan beberapa hal di atas, jangan lupa untuk secara rutin melakukan evaluasi atas berat dan tinggi badan si kecil. Hal ini dilakukan agar Anda tahu bagaimana progress yang sudah Anda lakukan serta mengetahui lebih dini jika ada sesuatu yang salah dalam tubuh anak Anda.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :