Yuk, Ajari Si Kecil Membereskan Mainan Sendiri Sejak Dini

Tak ada yang lebih membahagiakan dari senyum riang Si Kecil ketika ia sibuk dengan berbagai koleksi mainannya. Namun, rasa bahagia Mam mendadak berubah jadi pusing ketika melihat banyak mainan Si Kecil yang tersebar di penjuru rumah. Jangan biarkan hal tersebut terus terjadi, Mam. Melalui beberapa tips ini, yuk ajari Si Kecil membereskan mainannya sendiri!

Menetapkan Aturan Khusus

Biasanya, anak-anak akan meninggalkan mainannya ketika ia menemukan hal baru yang dirasanya lebih seru, contohnya menonton TV. Nah, untuk itu, Mam bisa menetapkan aturan khusus kepada Si Kecil. Coba katakan kepada Si Kecil, “Setelah selesai bermain, Ibu mau kamu membereskan mainan terlebih dulu sebelum menonton TV.” Mam bisa menyembunyikan remote TV sampai Si Kecil berhasil membereskan seluruh mainannya.

Atau Mam juga bisa berkata kepada Si Kecil bahwa ia tidak boleh mengeluarkan mainan baru sebelum mainan yang sudah selesai dipakai disimpan kembali. Jika Si Kecil merengek, cobalah berikan pengertian secara perlahan, bahwa ia harus bertanggung jawab terhadap barang-barang yang dimiliki.

Pilihkan Mainan yang Akan Digunakan

Cara satu ini dapat berfungsi untuk meminimalisir kekacauan yang bisa saja ditimbulkan oleh aktivitas bermain Si Kecil. Jadi, sebelum Si Kecil mulai bermain, sebaiknya Mam menyeleksi dulu mainan apa saja yang hendak dimainkannya. Dengan begitu, nantinya tak akan ada terlalu banyak barang yang harus dibereskan. Selain itu, cara ini juga akan membantu mengajarkan Si Kecil agar ia bisa memanfaatkan apa yang ada di hadapannya daripada sibuk dengan terlalu banyak pilihan yang ujung-ujungnya tidak dimainkan.

Bagi Pekerjaan Besar Menjadi Tugas-tugas Kecil

Jika ada terlalu banyak mainan yang telanjur digunakan Si Kecil, sementara kondisi motoriknya belum cukup terlatih untuk memungut barang, maka Mam bisa menerapkan tips satu ini. Caranya yakni dengan membagi ruangan menjadi empat area yang lebih kecil. Lalu, mintalah Si Kecil untuk mengerjakan satu area ruangan pada satu waktu. Sebagai cara lain, Mam juga bisa meminta Si Kecil untuk membereskan satu jenis mainan terlebih dulu. Misalnya, membereskan robot-robotan dulu, mobil-mobilan, lalu membersihkan sampah.

Membagi pekerjaan besar menjadi beberapa tugas kecil akan sangat membantu Si Kecil untuk bertanggung jawab terhadap mainannya sendiri. Setiap selesai membereskan satu area ruangan atau satu jenis mainan, berilah waktu istirahat kepada Si Kecil sebelum ia memulai lagi.

Berberes Sambil Bermain

Sesi bermain Si Kecil dengan mainannya memang sudah selesai, tetapi siapa bilang sesi beres-beres mainan tak bisa dimanfaatkan untuk bermain? Agar Si Kecil lebih terdorong untuk membersihkan mainannya sendiri, Mam bisa mengubahnya menjadi satu permainan. Misalnya, Mam memberi instruksi kepada Si Kecil untuk mengumpulkan lima barang pada babak pertama, tujuh barang pada babak kedua, dan seterusnya. Atau Mam juga bisa menyetel lagu dan meminta Si Kecil mengumpulkan seluruh mainan sebelum lagu tersebut habis diputar.

Untuk bisa membuat Si Kecil membereskan mainannya sendiri, tentunya dibutuhkan kesabaran ya, Mam. Jangan memarahi Si Kecil apabila ia terlihat mulai merengek atau menunjukkan penolakan. Berikan pengertian secara perlahan dan tunjukkan contoh langsung agar ia juga tergerak untuk melakukannya.

Baca juga : 

Hati-Hati, Hewan Peliharaan Anda Menularkan Penyakit!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :