Yuk Belajar Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Si Kecil

Mam, Si Kecil bulan depan akan ulang tahun? Yuk bikin pesta sederhana untuk merayakannya!

Mempersiapkan pesta ulang tahun untuk Si Kecil memang tidak semudah yang dibayangkan. Julie Vick dalam situs web Parenting menceritakan pengalamannya saat mempersiapkan pesta ulang tahun untuk anak laki-lakinya. Karena anak laki-lakinya sangat menyukai Star Wars, maka Ia berniat untuk membuat pesta ulang tahun dengan dekorasi Star Wars yang dibuatnya sendiri. Julie “mencuri” ide membuat dekorasi pesta ulang tahun dari Pinterest dan beberapa situs di internet lainnya. Terlihat mudah, namun tidak dalam prakteknya. Membuat dekorasi meja Death Star menggunakan semangka misalnya. Setelah bersusah payah mengukir semangka menjadi Death Star dengan ukuran yang hampir mirip dengan yang ada di film, Si Kecil tetap terlihat tidak terkesan dan mengatakan, “Tapi Death Star itu tidak bewarna hijau, Ma.”

Oleh sebab itu, daripada jangar memikirkan konsep dan detail pesta ulang tahun untuk Si Kecil, lebih baik Mam langsung mendiskusikannya dengan mereka. Berikut beberapa langkah yang harus Mam perhatikan, khususnya jika membuat pesta ulang tahun di rumah:

Satu Bulan Sebelum Pesta Ulang Tahun

Ajak Si Kecil untuk berdiskusi mengenai konsep ulang tahun yang diinginkannya. Tentukan siapa saja yang akan diundang dan hiburan apa saja yang mau diadakan. Jangan lupa untuk membuat jadwal acara dari awal sampai akhir. Kirimkan undangan dua mingu sebelum hari H.

Satu Minggu Sebelum Pesta Ulang Tahun

Mulailah untuk menentukan menu apa yang akan dihidangkan saat pesta, dan membuat daftar bahan makanan atau benda apa saja yang harus dibuat, dibeli, atau dipesan. Jangan lupa untuk membuat daftar untuk siapa saja teman, saudara, tetangga yang bisa membantu Anda mempersiapkan pesta ulang tahun ini. Setelah itu, segeralah memesan hal-hal yang sekiranya membutuhkan waktu lama untuk jadi, seperti kue ulang tahun atau balon untuk dekorasi. Mam juga sebaiknya memulai membersihkan seluruh ruangan, baik area ulang tahun, area permainan, dan area-area lainnya.

Tiga Hari Sebelum Pesta Ulang Tahun

Jika Mam mengadakan pesta ulang tahun pada bulan-bulan bercuaca dingin, siapkan gantungan tempat para tamu menggantungkan jas atau mantel mereka. Setelah itu, Mam bisa pergi berbelanja untuk membeli goody bags beserta isinya untuk bingkisan para tamu. Mam juga harus memastikan seluruh rumah aman untuk diadakan pesta, seperti lemari yang berisi bahan-bahan kimia berbahaya atau obat-obatan sudah terkunci dengan baik atau rak yang berisi benda tajam sudah diamankan. Untuk pengamanan tambahan, Mam bisa menaruh CCTV di beberapa tempat di sekitar rumah Anda.

Satu Hari Sebelum Pesta Ulang Tahun

Untuk pesta ulang tahun yang berlokasi di halaman rumah, pastikan area yang akan dipakai acara ulang tahun sudah rapih dan bersih. Mulai atur perabotan – meja makan dan meja tempat menaruh hadiah misalnya – dan lanjutkan dengan dekorasi. Jangan lupa untuk menyelesaikan goody bags sebagai bingkisan untuk di bawa pulang oleh tamu. Jika terdapat agenda buka kado, jangan lupa latih Si Kecil untuk berpidato singkat sebagai ucapan terima kasih.

Hari H Pesta Ulang Tahun

Inilah hari yang ditunggu-tunggu oleh Si Kecil. Untuk itu, jangan mengacaukannya dengan lupa mengambil pesanan kue ulang tahun, balon, dan pesanan dekorasi lainnya yang belum diambil. Pastikan juga tim hiburan sudah siap. Mulailah untuk menyiapkan beberapa set makanan untuk para tamu, khususnya es krim. Jangan sungkan untuk meminta tolong kepada orang tua lainnya untuk ikut menjaga dan mendukung keseluruhan acara.

Nah Mam, dua atau tiga hari setelah pesta berlangsung, jangan lupa juga untuk mengingatkan Si Kecil untuk mengirimkan ucapan terima kasih kepada teman-teman yang hadir dan semua pihak yang membantu ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :