Yuk Beri Tahu Si Kecil Tentang Masa Puber

Setiap Si Kecil pasti nantinya akan mengalami masa puber. Di masa-masa inilah peran Mam sebagai orang tua sangat penting karena kalau tidak, Si kecil bisa saja salah dan terjerumus ke hal-hal yang mungkin tidak Mam inginkan. Ketika menginjak usia pubertas, akan ada hal-hal baru yang akan membuat Si Kecil penasaran. Oleh sebab itu, Mam harus memberikan informasi yang tepat pada Si Kecil. Begini cara yang bisa Mam lakukan untuk mengenalkan apa itu pubertas pada Si Kecil.

Beri Tahu Mengenai Perubahan Fisik

Pubertas adalah saat fisik tubuh mengalami perubahan-perubahan yang mungkin terlihat aneh untuknya. Misalnya jika laki-laki akan tumbuh jakun, tubuhnya akan lebih kekar dan meninggi. Berbeda dengan anak perempuan, tubuh mereka akan mulai menunjukkan lekuk-lekuk pada bagian tertentu. Selain itu, bagian dada akan mulai menonjol dan pinggul melebar.

Katakan juga pada Si Kecil bahwa ia juga mungkin akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh khususnya di bagian tangan dan kaki. hal ini disebabkan karena tulang yang tumbuh. Katakan juga bahwa akan ada rambut-rambut yang mulai tumbuh di bawah ketika dan area kelamin.

Mungkin Dia Juga akan Mengalami Jerawat

Jerawat adalah alah satu efek dari pubertas akibat kinerja hormon sehingga hal ini wajar dialami oleh siapa pun yang sedang dalam masa tersebut. Jerawat tentu akan mengganggu penampilan wajah Si Kecil oleh sebab itu, tanamkan kebiasaan pada Si Kecil untuk senantiasa menjaga kebersihan wajahnya.

Ingatkan selalu setua kali mereka beraktivitas di luar ruangan dan mengeluarkan keringat, maka harus mengelapnya dengan lap bersih dan bagi remaja perempuan, minta agar selalu mengikat rambutnya agar wajahnya tetap bersih.

Tak Ada Salahnya Menyinggung Seks

Nah, inilah hal yang sering dikhawatirkan oleh para orang tua karena bisa membawa anak mereka pada pergaulan yang salah. Mam, sebaiknya Mam mengenalkan seks kepada Si Kecil sesegera mungkin ketika ia mulai masuk ke usia pubertas. Beri mereka edukasi mengenai alat reproduksi masing-masing pria dan wanita. Jelaskan juga mengenai sistem reproduksi, apa yang sebaiknya tidak dilakukan dan sebagainya.

Tidak sedikti orang tua yang masih menganggap pendidikan seks ini tabu untuk anak. Padahal, keluarga adalah tempat terbaik bagi Si Kecil untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai hal ini. oleh sebab itu, pastikan Mam menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh Si Kecil agar ia bisa paham bahwa seks adalah hal yang sensitif.

Menstruasi pada Wanita

Mam perlu memberitahukan masalah menstruasi ini pada Si Kecil. Baik perempuan maupun laki-laki, setiap orang harus tahu mengenai masalah ini. katakan pada Si Kecil bahwa hal itu adalah wajar, bukan hal menjijikkan yang harus dijauhi. Katakan padanya bahwa menstruasi ini datang setiap bulan karena sel telur yang tidak dibuahi. Pastikan Mam menjelaskan dalam bahasa yang sederhana, ya.

Jangan sampai Si Kecil mencari tahu informasi untuk mengobati rasa penasarannya dari orang lain. Bukan masalah jika ia memintanya dari orang yang tepat namun apa jadinya jika ia menanyakannya pada orang yang salah sehingga hal ini pun berisiko menyesatkan pengetahuan Si Kecil.

Baca juga :

Tetap Indah Walau Sedang Menyusui

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :