4 Cara Mengatasi Mata Pedih Saat Mengiris Bawang

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang utama. Tanpa adanya bawang, makanan akan cenderung terasa hambar dan kurang gurih. Tetapi, di saat mengiris bawang kerap kali mata kita akan mengeluarkan air mata. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas memasak Mam. Bagaimana menghindari hal tersebut? Supaya mata tidak terasa pedih saat mengiris bawang, Mam bisa mencoba beberapa tips di bawah ini!

Mengiris Bawang di Dekat Kipas Angin

Bawang terdiri atas lapisan luar yang berupa daun, daging (bagian bawang yang mengeluarkan air), dan dasar (bagian bawah bawang tempat tumbuhnya akar). Di saat Anda mengiris bagian dasar ini bawang akan melepaskan enzim. Nah, enzim inilah yang dapat menyebabkan mata Mam terasa pedih saat mengiris bawang.

Enzim tersebut akan mengeluarkan reaksi terhadap udara luar dengan mengeluarkan gas. Supaya mata tidak pedih saat mengiris bawang maka yang harus dilakukan adalah mengurangi gas tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengiris bawang di dekat kipas angin. Angin akan menerbangkan gas dari bawang sehingga mata tidak akan pedih lagi.

Kunyahlah Permen Karet

Saat bawang dipotong, bawang akan mengeluarkan gas ke udara di sekitar Anda. Gas tersebut akan membuat kelenjar air mata Mam merasakan iritasi. Respon alami yang dilakukan mata saat iritasi adalah mengeluarkan air mata. Hal ini dapat Anda hindari dengan mengunyah permen karet saat mengiris bawang.

Mengunyah permen karet sebelum dan saat mengiris bawang akan mendorong produksi saliva. Saliva akan menyerap gas yang dihasilkan oleh bawang. Dengan demikian, gas yang dihasilkan akan hilang dan tidak menumpuk pada kelenjar air mata.

Dinginkan Bawang

Mendinginkan bawang selama 10-15 menit di dalam freezer juga akan membantu Mam untuk memotong bawang tanpa air mata. Saat bawang dalam kondisi dingin, maka enzim yang memproduksi gas juga akan membeku. Segera iris bawang saat bawang masih dalam keadaan beku supaya enzim tidak bocor.

Lapisi Talenan dengan Larutan Cuka

Supaya enzim penghasil gas air mata dari bawang dapat terdenaturasi, Anda membutuhkan larutan ion atau asam. Larutan asam yang dapat Anda temukan dengan mudah di dapur adalah larutan cuka. Lapisilah permukaan talenan atau alas tempat Anda mengiris bawang dengan cuka. Asam yang dihasilkan cuka akan menguraikan enzim dalam bawang sehingga gas air mata tidak akan keluar.

Mengiris tidak dapat dipisahkan dari aktivitas masak-memasak. Namun, masalah dapat timbul saat Anda harus mengiris bawang karena dapat menyebabkan mata terasa pedih. Semoga tips di atas dapat membantu Mam supaya mata tidak terasa pedih lagi saat mengiris bawang. Selamat memasak, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :