5 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan Mam

Terong ungu, manfaat terong ungu Photo Credit: Pexels

Apakah Mam termasuk salah satu pencinta terong ungu dan sering mengonsumsinya? Jika iya, maka Mam sebaiknya terus melanjutkan kebiasaan tersebut. Namun, apabila belum, sebaiknya Mam segera coba mengonsumsi terong ungu. Kenapa? Karena terong ungu ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat terong ungu untuk kesehatan tersebut? Berikut informasinya!

Menutrisi otak

Manfaat terong ungu untuk kesehatan yang pertama adalah menutrisi otak. Salah satu jenis sayuran yang mengandung mineral, kalsium, kaya serat, bioflavonoid, serta vitamin K ini mengandung nutrisi berupa ‘phyto’ yang sangat dibutuhkan oleh otak. Jadi, bila Mam sedang bingung memilih jenis makanan yang bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi otak, maka terong ungu dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan.

Kesehatan jantung tetap terjaga

Sejumlah kandungan yang terdapat dalam terong ungu, seperti kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien, diketahui memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid (pigmen larut air) yang terdapat dalam terong ungu juga dapat mencegah sejumlah jenis penyakit jantung. Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012 bahkan menyebut bahwa antosianin (salah satu jenis flavonoid) bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Memperlancar pencernaan

Terong yang sudah menjadi salah satu jenis makanan yang tidak asing dikonsumsi di Indonesia juga diketahui bermanfaat memperlancar pencernaan. Kenapa? Karena terong ungu kaya kandungan serat yang dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, terong ungu juga dapat menghindarkan mam dari kanker yang dapat menyerang usus besar, lho.

Mengendalikan kadar kolesterol

Mam bermasalah dengan kolesterol? Perbanyak konsumsi terong ungu bisa dipertimbangkan. Para ahli di Brazil melakukan sebuah studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi terong ungu secara rutin dapat membantu Mam mengendalikan kadar kolesterol karena terong mengandung senyawa asam klorogenat. Senyawa tersebut terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah) yang terdapat dalam tubuh. Terong yang tidak mengandung kolesterol sama sekali juga sangat aman dikonsumsi.

Membantu kulit jadi lebih lembut dan bercahaya

Membuat kulit lembut dan bercahaya tidak hanya bisa Mam lakukan dengan perawatan dari luar, namun juga perawatan dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi terong ungu. Terong pun dapat menjadi jawaban bagi permasalahan kulit kering dan kusam.

Kaya akan antioksidan dan terdiri dari sekitar 92% air, terong ungu dapat membantu melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam. Selain itu, antioksidan dalam terong ungu juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat membunuh sel-sel kulit yang membuat kulit tidak kenyal dan tampak lebih gelap. Terong pun bisa dihidangkan menjadi terong goreng tepung, terong balado, tumis terong kecap, dan jenis hidangan lainnya.

 

Siapa yang menyangka bahwa ternyata terong tidak hanya bisa digunakan sebagai salah satu bahan makanan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Mam jadi lebih tertarik untuk mengonsumsi terong, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :