5 Rekomendasi Makanan yang Pas Dinikmati saat Musim Hujan

Photo credit: Pexels

Makanan musim hujan identik dengan bakso atau hidangan berkuah lainnya. Tak hanya untuk menjadikan suhu tubuh hangat di cuaca yang sedang dingin-dinginnya, makanan musim hujan yang cenderung disajikan hangat juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghadapi serangan penyakit.  Selain sup hangat, makanan apa lagi sih yang cocok untuk musim hujan? Berikut rekomendasinya, khusus untuk Mam!

Makaroni kuah

Bosan dengan isian sup yang didominasi dengan sayuran saja? Mam bisa mengganti bahannya dengan makaroni beserta tambahan kentang, wortel, dan bola-bola ayam. Caranya, yang pertama Mam harus membuat bola-bola ayam dari ayam fillet yang digiling serta dibumbui dengan garam, lada, telur, bawang merah dan bawang putih. Aduk rata kemudian bentuk bulatan untuk kemudian dikukus. Setelah selesai, Mam bisa menyiapkan kuahnya dengan bumbu bawang putih tumis dan kuah kaldu serta penyedap rasa.

Setelah kuahnya mendidih, masukkan makaroni, bola-bola ayam, kentang, wortel, lada, garam, merica, dan gula. Tunggu hingga matang dan sajikan dengan tambahan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Makaroni kuah siap disantap bersama keluarga, termasuk Si Kecil.

Tom yam

Kuliner khas Thailand ini bisa menjadi sajian pendamping saat hujan turun. Rasa kuahnya yang pedas dan asam bisa menghangatkan tubuh jika dimakan saat masih panas. Tom yam juga cocok untuk Mam yang sangat doyan seafood karena bahan utamanya berupa udang, cumi, dan ikan. Bumbu kuahnya yang terdiri dari kaldu, serai, jeruk nipis, saus ikan, cabai, daun jeruk, dan lengkuas, bisa menjaga daya tahan tubuh di cuaca yang dingin.

Bakso

Dinginnya udara berpadu dengan kuah bakso panas dan pedas pastinya bisa membuat lidah Mam berdecak. Ya, makanan yang banyak di temukan di berbagai tempat, mulai dari di restoran hingga gerobak pinggir jalan ini memang menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia saat musim penghujan datang. Mam bisa membeli atau memasaknya sendiri jika ingin yang lebih sehat dan terjamin untuk dikonsumsi bersama Si Kecil.

Tongseng

Kuliner khas Solo ini menjadi hidangan yang kaya akan cita rasa saat musim hujan datang. Rasa kuahnya yang tajam dengan campuran rempah-rempah membuatnya tak hanya enak tapi sekaligus menyehatkan. Ciri khas dari tongseng adalah daging kambingnya yang digunakan masih menempel pada tulang iga dan tulang belakang.

Jika tak suka kambing, kini sudah banyak varian lain dari tongseng yang menggunakan daging sapi. Kuah kaldu tongseng bertambah lezat dan menyehatkan dengan tambahan sayur kol, bawang putih, tomat, kecap, serta taburan bawang goreng di atasnya. Tak perlu repot-repot memasak sendiri di rumah, karena kuliner ini sudah banyak dijual di restoran atau tempat makan luar Kota Solo.

Bubur ayam

Bubur hangat dengan asap yang mengepul sangat tepat untuk dijadikan makanan musim hujan untuk memulai pagi hari di cuaca yang dingin. Tambahan suwiran ayam, irisan daun seledri, cakue, taburan bawang goreng, kedelai goreng, dan ditutup dengan kerupuk di atasnya membuat bubur ayam menjadi sajian hangat, sehat, dan mengenyangkan saat musim hujan. Mam bisa membuat sendiri sajian bubur ayam ini atau juga membelinya. Bubur ayam tak hanya untuk Mam saja, tetapi sekaligus untuk Si Kecil. Teksturnya yang lembut memudahkannya untuk dicerna.

 

Satu lagi, makanan yang sangat pas dinikmati saat hujan dan pastinya sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, apalagi kalau bukan mi kuah. Mam bisa memasak mi kuah instan atau membeli jenis olahan mi lainnya seperti bakmi dan ramen. Selamat mencoba!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :