5 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Photo credit: Pexels

Sarapan menjadi aktivitas rutin sehari-hari untuk mengawali aktivitas. Termasuk pula aktivitas si kecil baik di rumah maupun di sekolahnya. Maka dari itu, Mam juga harus pintar-pintar menyiapkan sarapan sehat untuk mereka agar tetap fit sepanjang hari. Bila merasa kebingungan memilih menu sarapan sehat, berikut rekomendasinya yang bisa Mam coba.

Sereal dengan kombinasi buah-buahan

Sarapan sehat pertama yang bisa Mam buat dengan mudah adalah sereal yang bisa memenuhi asupan nutrisi anak. Seral ini tidak hanya mengenyangkan dalam waktu yang lama tetapi memiliki kandungan gizi berupa vitamin B dan serat pangan. Bila si kecil merasa bosan dengan sereal yang ada, maka bisa dikombinasikan dengan beragam buah-buahan.

Beberapa buah-buahan yang bisa dipilih di antaranya adalah buah berry seperti stroberi, raspberi dan sebagainya. Kemudian Mam juga bisa kombinasikan dengan madu, yogurt, kenari, dan kacang almond untuk melengkapi kandungan gizinya.

Nasi goreng seafood

Tidak hanya sereal saja, nasi goreng kerap kali menjadi rekomendasi menu sarapan sehat dari dulu hingga sekarang. Bila Mam memiliki cukup waktu di pagi hari, tidak ada salahnya untuk membuat kreasi nasi goreng bergizi tinggi dengan seafood. Membuatnya pun sangat mudah, Mam bisa menyiapkan nasi dengan bumbu nasi goreng lalu dilengkapi dengan irisan ikan, cumi-cumi, dan udang.

Agar cita rasa nasi goreng seafood semakin meningkat, tambahkan pula margarin secukupnya. Margarin ternyata juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi perkembangan Si Kecil. Kandungan tersebut di antaranya vitamin A, B1, B2, D, E dan Omega 3 serta Omega 6.

Telur orak-arik dengan sayuran

Sudah menjadi rahasia umum bila telur adalah menu yang wajib ada saat sarapan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini ternyata juga berlaku di berbagai negara di dunia lho, Mam. Menyiapkan rekomendasi menu sarapan sehat untuk Si Kecil dengan telur adalah pilihan yang tepat karena kandungan gizi telur memang diperlukan oleh mereka.

Mam bisa membuat telur orak-arik lezat untuk si kecil. Namun, agar gizinya seimbang tambahkan pula sayur-sayuran seperti kol, wortel dan daun bawang. Hal ini akan menambah citarasanya semakin lezat dan kaya kandungan gizi seperti protein, serta, vitamin dan mineral untuk aktivitas si kecil.

Roti bakar dengan selai bervitamin

Roti bakar memang menjadi salah satu menu andalan bagi Mam yang bisa dipilih. Selain proses pembuatannya yang tidak membutuhkan waktu lama, ternyata roti bakar memiliki banyak manfaat. Agar si kecil tidak bosan dengan roti bakar yang sebelumnya, Mam bisa menambahkannya dengan berbagai selai berperisa buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Contohnya adalah selai kacang yang mengandung protein, vitamin E, dan mineral untuk daya tahan dan metabolisme Si Kecil. Selain itu, juga bisa menambahkan buah-buahan lainnya yang sudah dihaluskan sehingga mudah dicerna seperti stroberi, pisang, atau buah berry ke dalam roti tersebut.

Yoghurt

Terakhir, rekomendasi menu sarapan sehat praktis untuk kebutuhan gizi si kecil adalah yoghurt. Yoghurt selama ini memang terbukti memiliki kandungan protein dan lemak baik, sehingga dapat mengurangi rasa lapar. Bahkan, beberapa jenis yoghurt tertentu memiliki kandungan sumber probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan usus si kecil.

Mam bisa menyajikan yoghurt dengan irisan buah segar seperti pisang, stroberi ataupun mangga. Atau bisa dengan menambahkan semangka. Mengingat semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah si kecil dari dehidrasi.

Bagaimana Mam, rekomendasi menu sarapan sehat mana yang akan dipilih untuk dikonsumsi Si Kecil sebelum berangkat ke sekolah?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :