Bolehkah Memberi Makanan Pedas untuk Anak?

Makanan pedas untuk anak, makanan pedas, makanan anak Photo Credit: Pexels

Dalam memberikan makanan kepada buah hati, tentu saja Mam harus pilih-pilih. Mam harus menyesuaikan pemberian makanan dengan kesiapan Si Kecil. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak mam berikan untuk menjaga kesehatanya. Lantas, bagaimana dengan makanan pedas? Bolehkan Mam memberikan makanan pedas untuk anak? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak informasi di bawah ini!

Boleh, asal dengan takaran yang tepat

Anggapan bahwa anak hanya boleh mengonsumsi makanan hambar tidaklah benar. Mam boleh-boleh saja mencoba memberikan makanan kaya rasa, tak terkecuali pedas, kepada anak untuk membantunya mengenali berbagai perbedaan rasa. Membuat makanan anka dengan bumbu dapur dan rempah-rempah juga dapat membantunya memperkaya palet lidahnya untuk mengenali serta menerima berbagai rasa saat Si Kecil tumbuh dewasa. Selama takarannya tidak berlebihan dan Si Kecil juga suka, memberikannya makanan pedas tidak ada salahnya.

Boleh untuk anak berusia di atas satu tahun

Memperkenalkan Si Kecil dengan perbedaan rempah-rempah pedas dan aromatik memang tidak ada salahnya, namun Mam juga tetap harus memerhatikan usianya. Tunggulah hingga anak berusia di atas satu tahun untuk memperkenalkannya berbagai rempah-rempah dalam menu makan, seperti cabe. Si Kecil yang masih berusia kurang dari satu tahun masih dalam tahap membiasakan diri dengan makanan dasar dan masih sangat rentan dengan reaksi makanan dan kepekaan. Jadi, rasa pedas dari makanan pedas baginya bukanlah bagian dari rasa yang bisa dicoba, namun melibatkan stimulasi reseptor nyeri dan membuat bayi muntah hingga sakit.

Perkenalkan makanan pedas pada Si Kecil secara bertahap

Jangan terburu-buru ya, Mam. Perkenalkanlah makanan pedas pada Si Kecil secara bertahap. Mula-mula, Mam bisa memberikan makanan pedas kepada Si Kecil dengan rasa yang ringan terlebih dulu, misalnya seperti rempah-rempah berupa kayu manis ataupun pala.

Nanti, jika Si Kecil sudah memasuki usia 18 bulan dan juga sudah terbiasa dengan makanan-makanan yang memiliki rasa pedas ringan, barulah Mam bisa memperkenalkannya dengan jenis rempah lainnya yang memiliki rasa pedas lebih kuat, seperti cabai ataupun lada hitam dalam porsi sedikit. Hindari memberikan cabai hijau segar atau cabai merah bubuk kepada Si Kecil karena ada kemungkinan bahwa lidah dan perutnya tergolong sensitif.

Rempah dengan rasa pedas ringan

Beberapa jenis rempah dengan rasa pedas ringan yang bisa Mam berikan untuk Si Kecil salah satunya adalah parutan jahe atau satu siung bawang putih (bisa ditambahkan ke dalam makanan Si Kecil). Mam juga bisa memberikannya sedikit biji-bijian seperti jintan manis dan biji sawi yang ditumis menggunakan sedikit minyak untuk menambah rasa pada nasi goreng dan sayur yang Si Kecil konsumsi. Pemberian kunyit bubuk, jintan, dan ketumbar pada jenis masakan yang berkuah juga bisa Mam pertimbangkan. Begitu pula dengan penggunaan bubuk kayu manis, pala, atau kapulaga yang bisa ditambahkan pada makanan manis seperti oatmeal bagi Si Kecil.

 

Itulah informasi mengenai konsumsi makanan pedas untuk anak yang harus Mam ketahui. pastikan Mam tidak sembarangan dalam memberikan makanan kepada Si Kecil dan selalu memerhatikan reaksinya terhadap makanan yang diberikan, ya. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :