Cah Kangkung, Menu Masakan Cepat & Mudah

Cah Kangkung

Rutinitas sebagai ibu pekerja seringkali membuat para ibu harus melakukan banyak hal serba cepat. Bangun di pagi hari, memasak, dan menyiapkan semuanya untuk keluarga. Selanjutnya, buru-buru melesat ke kantor atau ke tempat kerja. Dengan waktu yang terbatas ini, memasak bisa dilakukan dengan menu masakan cepat dan mudah.

Bangun saat Subuh dan menyiapkan segala sesuatu untuk keluarga, mulai dari seragam si kecil, baju kerja ayah, sarapan, hingga beberes rumah merupakan rutinitas ibu di pagi hari. Jika ibu merupakan ibu pekerja dan harus buru-buru bekerja, segala sesuatunya harus dikerjakan serba cepat dan cekatan. Kalau tidak begitu, bisa-bisa ibu terlambat ke tempat kerja.

Memasak, menjadi pekerjaan rutin ibu setiap pagi. Di pagi hari, sebelum beraktivitas seluruh anggota keluarga harus sarapan. Pekerjaan ini terkadang menyita waktu, karena ibu harus menyiapkan menu sarapan sendirian lengkap dengan minumnya dalam waktu tak lama. Belum lagi dengan pekerjaan lain yang juga harus dikerjakan. Kalau cukup sarapan dengan ceplok telur saja bisa lebih cepat. Namun, jika terus-terusan telur tanpa sayur kasihan juga anak-anak. Apalagi, sayuran tentu sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka. Namun, ibu sering berpikir tak punya banyak waktu jika harus memasak menu masakan sayur berikut dengan lauknya. Akhirnya, ibu mengurungkan membuat menu sayur karena khawatir tidak akan cukup waktu untuk memasaknya.

Dalam waktu yang terbatas untuk menyajikan masakan demi keluarga tercinta, memang masakan dengan cara pengolahan mudah dan cepat bisa dipilih. Namun, bukan berarti masak cepat dan mudah ini melulu ceplok telur, goreng nugget, atau goreng tahu tanpa menu lainnya. Ibu sebenarnya bisa kok memasak menu sayuran dengan cepat dan mudah, asal bisa memilih menu masakan dan bahan yang mudah diolah dan mau memasaknya.

Sediakan aneka sayuran yang mudah diolah di dalam kulkas, sehingga setiap kali Anda akan memasaknya tinggal mengambilnya. Lebih bagus lagi, supaya menghemat waktu di pagi hari, Anda bisa menyiapkannya di malam sebelumnya, misalnya menyiangi sayuran, mencucinya, dan dimasukkan ke dalam wadah lalu disimpan di kulkas.

Jika Anda bingung ingin memasak menu sayuran cepat dan mudah untuk sarapan keluarga, bisa mencoba memasak cah kangkung. Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Sayuran ini mudah ditemukan, di pasar, di supermarket, hingga penjual sayuran keliling setiap hari tak pernah absen membawanya. Sayuran ini mudah dimasak dan merupakan jenis sayuran hijau yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Kangkung mengandung vitamin A, merupakan antioksidan yang bagus, dan juga tinggi akan serat yang bagus untuk pencernaan. Tak salah, jika cah kangkung disajikan untuk menu masakan bagi keluarga. Selain murah meriah dan sehat, sayur ini patut Anda masak saat harus menyediakan masakan dalam waktu yang cepat.

Berikut ini adalah resep cah kangkung yang dapat Anda coba di dapur. Mudah memasaknya, cepat, dan tetap enak sebagai menu sayuran untuk keluarga.

Cah Kangkung

Bahan:

  • 2 ikat kangkung (siangi, cuci bersih)
  • 1 butir tomat (potong-potong)

Bumbu:

  • ½ sdt garam
  •  ½ sdt gula putih
  • 4 siung bawang merah (iris-iris)
  • 2 siung bawang putih (iris-iris)
  • 3 buah cabai keriting merah (iris serong)
  • 2 buah cabai rawit ( iris serong)
  • 1 sdt saus tiram
  • ½ sdt kecap manis
  • 1 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • ¼ sdt penyedap
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai keriting merah, dan cabai rawit hingga harum.
  2. Masukkan kangkung yang telah disiangi dan dicuci hingga bersih. Aduk-aduk, masukkan tomat. Tambahkan garam, gula putih, daun salam, kecap manis, saus tiram, dan penyedap. Aduk sampai rata.
  3. Masukkan air, aduk kembali, tunggu hingga mendidih dan kangkung matang. Angkat dan sajikan.

Resep cah kangkung di atas cukup mudah dan cepat untuk dipraktikkan. Jika tak mau repot, kangkung dan aneka bumbu bisa Anda siapkan malam hari. Saat pagi hari mau memasaknya, tinggal masukkan ke dalam wajan, tunggu sampai matang, dan siap dinikmati. Cah kangkung ini semakin nikmat dinikmati dengan tempe garit goreng berbumbu bawang putih dan garam. Hemm, sudah tak sabar mencicipinya ya Bu? Keluarga pun pasti ketagihan dengan masakan ibu yang sebenarnya sangat mudah dan cepat dimasak ini.

Dalam memasak cah kangkung, sebaiknya tidak lama-lama karena kandungan nutrisinya bisa berkurang. Selain itu, kangkung yang dimasak lama juga akan terlalu lunak sehingga kurang lezat untuk dinikmati. Untuk menyajikan menu masakan dengan cepat dan mudah, sebaiknya stock bahan makanan di kulkas juga diperhatikan. Simpan bahan makanan seperti, telur, kentang, bayam, kol, sawi, kangkung, tahu, dan, tempe supaya tinggal masak saat Anda membutuhkannya untuk diolah menjadi menu yang lezat dalam waktu cepat. Selamat memasak ya Bu!

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :