Membuat Makanan Bayi Sendiri untuk Si Kecil

Air Susu Ibu adalah makanan yang paling sehat untuk bayi yang baru lahir. Seiring berjalannya waktu Si Kecil tumbuh besar dan memasuki usia enam bulan, maka pemberian ASI saja tidaklah cukup. Si Kecil memerlukan asupan nutrisi lain. Mam bisa memberinya makanan tetapi yang memiliki tekstur halus karena pencernaan Si Kecil masih dalam tahap perkembangan. Karena sistem pencernaannya juga masih snagat sensitif, maka pemberian makanan sebaiknya yang terbaik.

Mam bisa membuat sendiri makanan untuk Si Kecil. Selain lebih hemat, makanan yang dibuat sendiri juga lebih menyehatkan karena tidak mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, dan bahan kimia lainnya yang mungkin kurang ramah untuk pencernaan Si Kecil. Jadi, Mam bisa lebih tenang.

Sereal Beras Cokelat

Beras cokelat mengandung protein dan serat yang baik untuk pencernaan Si Kecil. Bahan yang Mam butuhkan untuk membuatnya sangat sederhana, yaitu: beras cokelat dan air mendidih. Haluskan beras cokelat hingga menjadi sereal lalu simpan dalam wadah kedap udara. Saat waktu makan tiba, ambil cereal beras cokelat sebanyak dua sendok makan lalu tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit hingga Mam mendapat tekstur yang pas untuk Si Kecil. Jika suka, boleh ditambahkan ASI.

Kentang Panggang & Brokoli

Tidak ada salahnya mengenalkan Si Kecil pada sayuran. Mulailah dengan brokoli.. Brokoli mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin E sedangkan kentang mengandung vitamin B6, mangan, dan vitamin C. Apalagi dipadu dengan keju yang kaya kalsium dan vitamin A, makanan bayi yang satu ini adalah sumber kalsium yang baik untu Si Kecil. Caranya, Mam cukup menghaluskan kentang panggang, brokoli, dan keju menggunakan blender. Tambahkan sedikit air jika perlu agar teksturnya lebih halus. Oh ya mam, pilih brokoli yang organik ya agar lebih sehat untuk pencernaan Si Kecil.

Pisang & Oatmeal

Oatmeal kaya akan vitamin B, serat, dan zat besi sedangkan pisang kaya akan vitamin C. Selain itu, kedua bahan ini bersifat mengenyangkan apalagi untuk Si Kecil. Campurkan oatmeal yang sudah dimasak dengan pisang matang yang sudah diiris-iris. Karena oatmeal sudah dimasak, maka teksturnya lebih mudah untuk dihaluskan. Jika suka, boleh juga ditambahkan ASI atau susu formula untuk menghaluskannya, bukan dengan air.

Beef Stew

Untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium Si Kecil, sesekali Mam bisa memberi sedikit daging dalam makanannya. Mam bisa memadukan daging sapi dengan wortel, seledri, dan kentang. Mam hanya perlu melumatkan semua bahan dengan blender. Lalu tambahkan sedikit demi sedikit air hangat hingga adonan halus.

Pir & Apel

Selain menu makan utama, Mam juga bisa membuat camilan sehat untuk Si Kecil. Camilan ini terbuat dari buah-buahan. Tidak ada salahnya bukan mengenalkan Si Kecil pada rasa buah. Rebus apel yang sudah dikupas hingga lunak lalu campurkan dengan buah pir matang yang sudah diiris-iris. Campurkan keduanya hingga halus lalu beri sedikit taburan kayu manis di atasnya. Selain Si Kecil akan menyukai aroma kayu manis, camilan ini juga menyehatkan karena kaya vitamin C dan serat. Namun ingat ya Mam, jangan memberi terlalu banyak karena sifat asam pada buah jika terlalu banyak kurang baik untuk perut Si Kecil.

 

Agar Si Kecil tidak bosan, Mam bisa memberinya makanan DIY tersebut secara bergantian setiap minggunya. Mam juga bisa mencoba perpaduan bahan lain sesuai kesukaan Si Kecil. Namun ingat, pastikan tekstur bahan tidak terlalu keras untuk pencernaan Si Kecil. Jika menggunakan bahan buah atau sayuran, karena akan diolah tanpa direbus maka sebaiknya pilih yang organik karena kandungan pestisida kurang baik untuk pencernaan Si Kecil yang masih sensitif. Selamat mencoba!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :