Menyiapkan Makanan Pendamping ASI untuk Si Kecil

Setelah selama enam bulan memberikan ASI eksklusif, Mam harus sudah siap memberikan makanan pendamping ASI. Biasakanlah si Kecil mengonsumsi makanan dengan rasa yang sama seperti makanan Mam. Tentu saja, yang sudah dihaluskan dan bisa dicerna dengan mudah oleh si Kecil. Inilah beberapa makanan yang bisa Mam berikan pada si Kecil berusia enam bulan.

Usia 6 – 10 Bulan

Ketika si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, makanan pertama yang bisa Mam berikan adalah aneka macam bubur. Tentu saja, tanpa menyertakan gula atau garam di dalamnya. Buatlah bubur susu, bubur buah, atau bubur sayur. Bubur susu bisa Mam buat menggunakan biskuit bayi yang dihancurkan dan dicampur dengan air. Untuk buah, cobalah bubur pisang, alpukat, atau pepaya. Namun, jangan dibiasakan untuk terus memakan bubur yang rasanya manis. Berikan pula bubur sayuran dengan sentuhan bumbu asin. Disarankan, Mam memilih sayur organik agar lebih aman. Jangan lupa perhatikan respon si Kecil, jangan dipaksa bila ia tidak suka. Gantilah dengan makanan pendamping lain.

Usia 10 – 12 Bulan

Di usia ini, si Kecil sudah mulai bisa beralih ke makanan kental dan padat, meski pun teksturnya harus tetap lunak. Berikanlah si Kecil aneka nasi tim. Selama meminum ASI, si Kecil sebenarnya sudah merasakan makanan yang sama dengan Mam. Oleh sebab itu, jangan takut untuk memberikan nasi tim.

Usia 12 – 24 Bulan

Si Kecil bisa dikenalkan pada makanan keluarga dan makanan padat di usia ini. Namun, Mam tetap harus mempertahankan rasa. Hindari makanan yang bisa mengganggu pencernaan si Kecil, seperti makanan yang terlalu pedas, asam, dan berlemak. Si Kecil juga sudah bisa memakan finger food seperti kue atau potongan sayur dan buah. Ini penting diperhatikan untuk melatih keterampilan memegang makanan dan merangsang pertumbuhan gigi loh, Mam.

Ketika membuat makanan untuk si Kecil, sebisa mungkin Mam menghindari makanan instan. Terutama, bila sudah menginjak usia 12 – 24 bulan, jangan terus-terusan memberikan si Kecil makanan beku seperti nugget atau sosis. Bila ingin cemilan, berikanlah yang sehat seperti puding.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :