Rahasia Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

Photo Credit: pexels

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sulit untuk dilewatkan dalam setiap jenis masakan. Tanpa adanya bawang putih, makanan akan cenderung hambar bukan Mam? Ternyata manfaat bawang tidak hanya itu saja lho. Bawang putih juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Simak ulasannya berikut ini!

Menangkal Radikal Bebas

Jumlah radikal bebas yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif. Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan penuaan dini dalam tubuh Anda. Penuaan dini selain membuat penampilan terlihat tidak menarik, juga akan menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Kerusakan sel-sel dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih serius lho, Mam.

Bawang putih menawarkan solusi untuk itu. Bumbu dapur yang satu ini tinggi akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas. Konsumsi bawang putih secara teratur terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan dalam tubuh. Dengan dmeikian, kadar stres oksidatif juga akan berkurang dan tubuh menjadi sehat kembali.

Mengatasi Hipertensi

Tahukah Mam, hipertensi sering kali menjadi penyebab penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung? Nah, untuk mengatasi hipertensi Mam bisa menggunakan bawang putih. Dalam sebuah penelitian yang dimuat jurnal kesehatan National Center for Biotechnology Information, hal tersebut terbukti.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa 600-1500 mg ekstrak bawang putih setara dengan Atenolol, obat yang sering diresepkan untuk mengatasi hipertensi. Jumlah tersebut setara dengan empat suing bawang putih. Dengan konsumsi bawang putih secara teratur selama 6 minggu, tekanan darah menjadi lebih stabil.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Bawang putih mampu menurunkan kadar kolestrol total dan LDL dalam tubuh. Kabar baik bagi Anda yang memiliki kolestrol tinggi, bawang putih ternyata mampu menurunkan kolestrol hingga 15%. Bagusnya lagi, bawang putih mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh tanpa mengurangi kolestrol baik yang diperlukan tubuh.

Di samping itu, bawang putih rendah kalori sehingga tidak akan menyebabkan berat badan bertambah. Di samping kalori, bawang putih mengandung mangan (23%), vitamin B6 (17%), vitamin C (15%), selenium (6%), dan serat sebanyak 0,6 gram. Beberapa zat bermanfaat seperti kalsium, potassium, dan zat besi juga ditemukan dalam bawang.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bawang putih telah dikenal dapat dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian selama 12 minggu. Penelitian tersebut menghasilkan temuan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan penyakit flu hingga 63%. Lebih efektif jika dibandingkan dengan obat-obat flu biasa.

Di samping itu, kandungan vitamin c dan B6 dalam bawang putih dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah. Kerusakan ini dapat menyebabkan penyakit lain seperti ganggunan pada jantung. Nah, bawang putih dapat menanggulangi hal tersebut dengan efektif.          

Jadi, jangan sampai melewatkan bawang putih dalam menu harian ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :