Resep Ayam Geprek Pedas

Ayah dan keluarga suka makan ayam geprek di luar rumah? Memang itu bukan hal yang harus disalahkan, tetapi Mam juga bisa lho membuat ayam geprek sendiri di rumah. Memang Mam harus pintar-pintar dalam membuat sebuah kreasi makanan agar keluarga tidak bosan ketika makan di rumah. Nah di dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana sih caranya membuat resep ayam geprek pedas sendiri di rumah.

Resep Bumbu ayam

1 ekor ayam, potong jadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah keluarga Mam

1 butir telur ayam

8 sendok makan tepung serbaguna

3 sendok makan tepung terigu

3 sendok teh garam

 

Bumbu sambal

10 buah cabai rawit besar

4 buah cabai merah keriting

2 buah cabai merah

3 bawang putih

2 sendok makan garam

7 sendok makan minyak

1 tomat (ini bisa menjadi alternatif jika keluarga Mam suka dengan sambal tomat)

 

Cara membuat

Setelah Mam memotong ayam menjadi beberapa bagian, sekarang saatnya Mam melumuri dengan bumbu-bumbu. Pertama campur tepung serbaguna dan tepung terigu dengan telur, kemudian lumuri ayam sampai menyeluruh.

Kemudian goreng ayam hingga keemasan, ini adalah hal kunci dalam membuat ayam geprek. Ketika keluarga Mam lebih suka ayam yang lebih matang atau gosong, goreng lebih lama. Kemudian angkat dan tiriskan beberapa saat.

Sambil menggoreng ayam, Mam bisa mengulek sambal. Pertama campur semua bahan untuk membuat sambal, sesuai dengan tingkat kepedasan keluarga ya. Setelah mengulek, berikan sedikit minyak dari ayam agar lebih lezat.

Nah tahapan terakhir adalah letakkan ayam dalam sambal dan tekan-tekan secara perlahan-lahan. Sajikan dengan nasi hangat dan lalapan. Dijamin keluarga Mam akan betah makan di rumah.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :