Resep MPASI Bubur Susu Untuk Si Kecil Usia 6 Bulan

Resep bubur bayi? Tentu sangat mainstream, dan mungkin semua Mam mengetahui cara membuatnya. Tetapi tidak jarang, Mam membeli bubur yang sudah jadi. Padahal, sebenarnya membuat bubur susu sendiri tidaklah sulit. Selain tidak sulit, bubur susu mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak.

Bubur susu bisa menjadi MPASI atau makanan pengganti ASI. ASI memang wajib diberikan kepada Si Kecil sampai berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan, baru Si Kecil bisa mengonsumsi MPASI.

Kenapa bubur susu baik untuk Si Kecil? Karena kandungan gizi yang lengkap, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein berguna untuk memilihara sel dan jaringan tubuh Si Kecil, lemak dan karbohidrat sebagai sumber energi serta vitamin dan mineral sebagai membantu kinerja tubuh Si Kecil.

Bahan:

  • 3 sendok makan tepung beras halus
  • 200 ml susu formula

Cara Membuat :

  1. Cara membuatnya sangat gampang, haluskan tepung beras dengan air. Lalu campur susu formula, dan haluskan sampai rata. Setelah rata, masak dengan api yang kecil sambil terus diaduk ya Mam hingga matang dan mengental.
  2. Setelah matang, tiriskan bubur susu tunggu sampai suhu menurun. Setelah bubur susu hangat, langsung Mam bisa sajikan kepada Si Kecil.

 

Resep diatas bisa dikreasi dengan resep bubur susu lainnya. Misalnya bubur susu kacang hijau atau dengan sayuran atau buah-buahan. Untuk kacang hijau, Mam tinggal sangrai kacang hijau sampai matang lalu haluskan. Perbedaannya ketika mencampur susu formula, Mam bisa melakukannya ketika memasak.

Untuk sayuran, Mam bisa mencampurkan dengan sayuran seperti wortel dan sawi yang telah dihaluskan. Selamat berkreasi ya Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :