2 Resep Kombinasi Nasi untuk Keluarga

Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak makan nasi. Bosan dengan olahan nasi yang itu-itu saja? Yuk, Mam, coba buat 2 resep variasi nasi kekinian yang bikin nafsu makan Si Kecil dan Ayah meningkat drastis. Let’s try!

Butter Rice and Garlic Prawn

Pada dasarnya ini adalah menu berupa nasi berbumbu mentega yang memiliki cita rasa gurih dan disantap dengan udang berbumbu bawang putih. Cocok untuk menu makan malam nanti.

Bahan-bahan:

Garlic Prawn:

2 sdm mentega

3 siung bawang putih, cincang halus

10 ekor udang sedang, kupas, sisakan ekornya

½ sdt rose mary kering

5 lembar daun basil, cincang

½ sdt merica bubuk

1 sdt garam

 

Butter Rice:

2 sdm mentega

10 g bawang Bombay cincang

150 g nasi putih

½ sdt merica bubuk

1 sdt garam

Cara Membuat:

Tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan udang, aduk sebentar hingga berubah warna. Tambahkan semua bumbu, aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan. Selanjutnya, untuk membuat butter rice Mam perlu melelehkan mentega untuk tumis bawang Bombay hingga layu. Kemudian masukkan nasi, merica dan garam. Aduk hingga rata lalu angkat. Sajikan Prawn Garlic dengan Butter Rice selagi hangat.

 

Mango Sticky Rice

Hidangan pencuci mulut yang satu ini berasal dari Thailand. Tenang saja, Mam bisa membuatnya sendiri kok di rumah. Siap mencoba?

Bahan:

200 gram beras ketan putih (cuci bersih, rendam dalam air selama 30 menit – 1 jam)

1 1/2 liter air (secukupnya)

1/2 sdt garam

2 lembar daun pandan

2 buah mangga thailand atau mangga apa saja

1 liter santan kental

100 gram gula pasir

Cara membuat:

Kupas mangga, potong memanjang dan dinginkan dalam kulkas. Selanjutnya, didihkan air lalu masukkan beras ketan, garam, dan daun pandan. Aduk hingga air berkurang. Kukus ketan. Masak hingga ketan matang. Sisihkan. Untuk membuat sausnya, masukkan santan dan gula ke dalam panci. Didihkan di atas api kecil dan aduk hingga gula larut. Dinginkan. Sajikan ketan, irisan mangga dengan siraman saus santan.

Nah, Mam, tunggu apalagi? Ayo buat olahan nasi di rumah jadi lebih spesial. Resep-resep tadi bisa dibagikan untuk teman-teman arisan Mam lho!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :