Buat Curos Sendiri di Rumah

Kalau masa kecil Mam dihiasi dengan jajanan pasar berupa singkong rebus, ubi ungu panggang, atau ketan bakar, maka anak-anak jaman sekarang lebih familiar dengan makanan manis berupa crepes, pancake, atau bolu-bolu khas artis yang belakangan sedang hits. Atau jika bukan ketiga jenis makanan tersebut, mungkin curos adalah salah satunya!

Curos adalah salah satu jenis camilan yang masuk dalam keluarga donat, berbentung lonjong memanjang dengan permukaan bergerigi. Jajanan asal Spanyol ini memiliki rasa gurih dengan tekstur garing diluar, namun lembut di dalam. Curos bisa langsung dinikmati, atau dikombinasikan dengan pelbagai jenis saus, beberapa yang paling populer adalah: saus cokelat, saus stroberi, atau saus nanas. Dikutip dari situs web Jawa Pos, di negara asalnya, curos biasa dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi.

Bagaimana? Mam tertarik untuk membuat curos sendiri di rumah dan menjadikannya camilan untuk Si Kecil? Tidak perlu khawatir harus menyiapkan bahan-bahan yang rumit, curos bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana kok. Dilansir dari situs web Bintang, berikut bahan-bahan yang Mam butuhkan dan tahapan pembuatan curos. Kali ini, Mam akan membuat curos saus cokelat ya!

Bahan-bahan utama:

150 gr tepung serbaguna
50 gr mentega
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam halus
250 ml air matang
1 butir telur

Bahan-bahan untuk saus cokelat:

100 gr cokelat dark
50 ml susu uht plain

Cara membuat curos:

  1. Tuang air, garam, dan mentega ke dalam panci, lalu rebus hingga air mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukan tepung dan langsung aduk supaya tidak menggumpal. Aduk hingga tepung dan air tecampur rata dan tidak berkilat (kalis). Jika Mam memiliki sendok kayu, gunakan sendok kayu untuk mengaduknya. Setelah itu, diamkan beberapa saat supaya panas mereda (hangat).
  3. Masukan adonan ke dalam plastik segitiga, potong ujung plastik dan pasang spuit berbentuk bintang.
  4. Siapkan loyang panjang yang sudah diberi alas dan ditaburi supaya tidak lengket, lalu tekan adonan dari plastik segitiga hingga keluar dari spuit. Untuk panjang curos, Mam bisa membuatnya sesuai selera Mam. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Jika adonan curos sudah siap, panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukan curos hingga warnanya berubah menjadi cokelat. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat saus cokelat:

  1. Masukan air ke dalam panci dan didihkan.
  2. Setelah mendidih, taruh wadah diatas panci tersebut. Masukan cokelat dark batangan ke atas wadah diatas panci, lalu aduk-aduk hingga cokelat meleleh.
  3. Tambahkan susu cair yang terlebih dahulu dihangatkan, lalu campurkan ke dalam lelehan cokelat tadi. Aduk hingga rata.
  4. Saus cokelat untuk curos sudah siap disajikan.

Seperti yang sempat dijelaskan, tidak ada patokan khusus dalam memakan curos. Mam bisa menyelupkannya ke dalam saus, menuangkan sedikit saus di atas curos, atau bahkan memakan curos tanpa saus cokelat. Bagaimanapun cara makannya, curos adalah pilihan tepat untuk camilan sore keluarga. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Buat Curos Sendiri di Rumah

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :