Masak Steak Lezat dengan Oven

Masak steak dengan oven itu susah? Nggak juga Mam! Yuk, ikuti resep dan langkah masa steak dalam oven berikut ini!

Bahan: 

  • 500 gram ribeye steak dengan ketebalan 1 hingga 1 ½ inci. (Bisa diganti dengan T-bone, filet mignon, atau strip steak)
  • 2 sendok makan minyak sayur atau bunga kanola
  • 1 sendok makan garam (Bila ada, pilih garam kosher)
  • Bubuk lada hitam secukupnya (Bila memungkinkan, tumbuk sendiri lada hitam yang ada di dapur hingga menjadi bubuk daripada membeli yang sudah menjadi bubuk)

Alat:

  • Wajan berbahan besi cor (cast iron) atau stainless steel
  • Kuas pastry (Bisa dibeli di toko kue)
  • Penjepit makanan (Bila ada, pakai yang panjang)
  • Sarung tangan khusus oven

Pembuatan:

  1. Letakkan handuk kertas di atas talenan kayu, letakkan steak di atasnya lalu letakkan lagi satu helai handuk kertas di atas steak. Biarkan di dapur selama 30 menit. Cara ini dapat membuat steak lebih mudah matang secara menyeluruh nantinya.
  2. Nyalakan broiler dalam oven, masukkan rak oven berukuran 6 hingga 8 inci ke bawah broiler, letakkan wajan di atas rak tersebut dan panaskan selama 20 menit. Bila tidak ada rak oven, bisa menggunakan kompor biasa untuk memanaskannya.
  3. Tuangkan sedikit minyak di atas steak dan gunakan jemari atau kuas untuk meratakannya di seluruh bagian. Bubuhkan setengah sendok makan garam dan bubuk lada hitam secukupnya. Balik steak dan lakukan hal yang sama.
  4. Nyalakan kompor dan pasang api dengan panas tinggi. Gunakan sarung tangan lalu ambil wajan dari oven. Letakkan wajan panas dari oven ke kompor.
  5. Dengan menggunakan penjepit makanan, letakkan steak di bagian tengah dari wajan panas tersebut. Biarkan selama 30 detik, lalu balik dan biarkan kembali selama 30 detik.
  6. Masukkan kembali wajan ke bawah broiler, tutup pintu oven dan biarkan selama dua menti di dalamnya.
  7. Setelah dua menit, ambil wajan dan balik steak dengan perlahan menggunakan penjepit makanan. Kembalikan ke dalam oven dan biarkan selama dua menit. Steak yang dimasak dengan cara seperti ini akan menghasilkan tingkat kematangan medium rare, bila Anda ingin steak yang benar-benar matang, ulangi kembali langkan enam dan tujuh.
  8. Setelah masak, keluarkan steak dari oven dan letakkan di atas telanan berbahan kayu. Lapisi bagian atasnya dengan aluminium foil dan biarkan selama lima menit.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :